Bimbingan Keluarga dalam membentuk Pola Asuh Demokratis Orang tua (Penelitian di Rumah Singgah Insan Robbani HDCI Cikutara Kota Bandung)

Yanti, Nurfadillah (2018) Bimbingan Keluarga dalam membentuk Pola Asuh Demokratis Orang tua (Penelitian di Rumah Singgah Insan Robbani HDCI Cikutara Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Secara umum oranng-orang memandang bahwa keluarga merupakan sumber pendidikan moral yang paling utama bagi anak-anak. Mereka jugalah yang memberikan pengaruh paling lama terhadap perkembangan moral anak-anak di sekolah para guru pengajar akan berubah setiap tahunnya, tetapi di luar sekolah anak-anak tentunya memiliki sedikitnya satu orang tua yang memberikan bimbingan dan membesarkan mereka selama bertahun-tahun. Hubungan antara orangtua dan anak pun dipenuhi dengan berbagai perbedaan khusus dalam hal emosi, yang menyebabkan anak-anak merasakan dicintai, dihargai atau tidak dicintai dan dikesampingkan. Akhirnya, para orang tua berada dalam posisi yang mengharuskan mereka untuk mengajarkan nilai sebagai bagian dari sebuah pndangan tentang dunia yang lebih besar yang menawarkan sebuah pandangan tentang arti hidup dan alasan-alasan utama sebagai pengantar sebuah kehidupan yang bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivan bimbingan keluarga dalam membentuk pola asuh demoktrasi orangtua yang meliputi proses dan kefektivan pelaksanaan bimbingan keluarga di Rumah Singgah Insan Robbani HDCI Cikutra, Kota Bandung Bimbingan dalam keluarga merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada individu secara berkelanjutan dan sistematis, yang dilakukan oleh seorang ahli yang telah mendapat latihan khusus untuk itu, dimaksudkan agar individu dapat memahami dirinya, lingkungan keluarganya serta dapat mengarahkan diri dengan baik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal untuk kesejahteraan dirinya dan kesejahteraan masyarakat, khususnya untuk kesejahteraan keluarganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh: a) bimbingan keluarga di Rumah Singgah Insan Rabbani HDCI Cikutra Kota Bandung dikatakan berhasil karena antuasias kehadiran para orangtua ke dalam kegiatan tersebut, selain itu terdapat pemahaman orangtua terhadap materi yang disampaikan, dan adanya perubahan yang terjadi pada orangtua dan anak asuh setelah mengikuti kegianan bimbingan keluarga tersebut b) adapun mengenai keefektivan bimbingan keluarga berjalan dengan efektif karena selama pelaksanaan kegiatan tersusun sesuai jadwal yang telah ditentukan, selain itu kegiatan tidak bersifat monologis namun orangtua ikut aktif mengemukakan pendapat dan pengamalaman-pengalamannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keluarga (;)Pola Asuh (;) Demokratis
Subjects: Administration of The Physical Plant
Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yanti Nur fadillah
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:32
Last Modified: 19 Jul 2018 02:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11416

Actions (login required)

View Item View Item