Pengaruh Bimbingan Pribadi melalui Strategi Self-Regulation Learning dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Cibiru

Kosasih, Azmul (2018) Pengaruh Bimbingan Pribadi melalui Strategi Self-Regulation Learning dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan pada siswa kelas X SMK Muhmmadiyah 2 Cibiru yang menunjukkan rendahnya disiplin belajar siswa diantaranya masih terlambat masuk sekolah, keluar kelas pada jam KBM dan tidak adanya inisiatif untuk belajar sendiri. Dengan adanya bimbingan pribadi melalui strategi self-regulation learning oleh guru BK kepada siswa maka beberapa siswa mampu mengelola kegiatan belajarnya dengan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bimbingan untuk meningkatkan disiplin belajar. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang bimbingan pribadi, self-regulation learning dan disiplin belajar itu sendiri. Teori yang digunakan adalah dari Zimmerman yang menyebutkan bahwa siswa memiliki kemampuan untuk menjadi partisipan yang aktif secara metakognisi, motivasi, dan perilaku (behavior) di dalam proses belajar (dalam Mukhid, 2008: 223). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui angket, wawancara, observasi dan didukung oleh dokumentasi yang relevan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel penelitian berupa 70 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan mengambil sampel setiap jurusan. Alat ukur sampel menggunakan angket tertutup dengan skala likert variabel X berjumlah 20 item dan variabel Y berjumlah 18 item yang sudah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Adapun pengujian pengaruh menggunakan uji regresi dan koefisien determinasi R2 (R Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bimbingan Pribadi melalui Strategi Self-Regulation Learning berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin belajar dengan thitung = 4,308 dan α = 0,05. Hasilnya adalah thitung > t¬tabel yakni 4,308 > 1,670. Adapun persentase besaran pengaruh dari Bimbingan Pribadi melalui Strategi Self-Regulation Learning terhadap disiplin belajar melihat R2 sebesar 0,214 menggunakan rumus koefisien determinasi yakni besaran persentase pengaruhnya adalah sebesasr 21,4% dan persentase lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi; Self-Regulation Learning; Disiplin Belajar
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Azmul Kosasih
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:01
Last Modified: 27 Aug 2018 04:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11478

Actions (login required)

View Item View Item