Tanggapan siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam hubungannya dengan prestasi siswa

Aryani, Dini (2010) Tanggapan siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam hubungannya dengan prestasi siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Tanggapan siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa dalam pembelajaran adalah sebagai salah satu metode resitasi atau penugasan dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) diharapkan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tetapi fenomena yang tejadi di SMP Pasundan 6 Bandung justru sebaliknya, tanggapan siswa yang positif terhadap penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran PAI tidak diiringi dengan meningkatnya prestasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa tentang penggunaan lembar kerja siswa (LKS), realitas prestasi belajar siswa, serta hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunana lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran PAI dengan prestasi belajar. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa prestasi siswa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah tanggapan siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran PAI. Sehubungan dengan asumsi tersebut, maka penelitian beranjak dari hipotesis semakin baik tanggapan siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran PAI, semakin baik pula prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dianggap tepat digunakan apabila penelitian ditujukan untuk menggambarkan kondisi faktual penyelenggaraan pendidikan, atau hal-hal lain yang berkenaan dengan dunia pendidikan. Sedangkan pengumpulan data dilakuakan dengan angket, tes, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sampelnya sebanyak 38 responden dari 151 siswa kelas IX SMP Pasundan 6 Bandung, analisis datanya menggunakan pendekatan analisis deskriptif korelasional. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, diperoleh angka rata-rata variabel tanggapan siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran PAI adalah 3,88 dengan kategori tinggi karena berada pada interval 3,5 – 4,3. Sedangkan angka rata-rata prestasi sebesar 73,90 dengan kategori baik karena beradapada interval 70 - 79. Adapun koefisien korelasi dari kedua variable sebesar 0,57 yang berada pada interval 0,5 – 0,8 adapun t hitung = 14,17 lebih besar dari t table = 1,60. hal ini berati terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa tentang penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran PAI dengan prestasi belajar siswa. Adapun derajat pengaruh antara tanggapan siswa terhadap penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran PAI dengan prestasi siswa adalah sebesar 18% .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Lembar Kerja Siswa (LKS)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2016 01:51
Last Modified: 13 Sep 2018 03:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item