Pembingkaian Media Dalam Feature Kuliner: Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerrald M. Kosicki Pada Surat Kabar Harian Umum Tribun Jabar Rubrik Leisure, Edisi Maret 2016

Nurvaiziy, Ahmad (2016) Pembingkaian Media Dalam Feature Kuliner: Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerrald M. Kosicki Pada Surat Kabar Harian Umum Tribun Jabar Rubrik Leisure, Edisi Maret 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Pemberitaan mengenai feature kuliner saat ini sedang ramai diperbincangkan, terutama mengenai wisata kuliner yang saat ini banyak masyarakat melakukannya. Kebutuhan informasi yang disampaikan dengan menarik dan dengan gaya bahasa yang renyah, menjadikan para wartawan mencari cara dengan berbagai formula untuk bisa menyenangkan para pembacanya. Dalam hal ini media tidak akan lepas dari pembingkaian atau framing untuk memengaruhi pembaca dalam mengungkap suatu peristiwa. Surat Kabar Harian Umum Tribun Jabar senantiasa menyajikan informasi mengenai jenis-jenis kuliner yang dikemas ke dalam feature kuliner dan disajikan khusus pada rubrik leisure. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara wartawan menyajikan berita feature kuliner dilihat dari elemen sintaksis, skrip, tematik dan retoris yang terdapat pada Surat Kabar Tribun Jabar rubrik leisure edisi Maret 2016 Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme, dimana kebenaran suatu realitas sosial dilihat sebagai hasil konstruksi sosial, dan kebenaran suatu realitas sosial bersifat relatif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif demgan metode analisis framing, adapun model yang digunakan adalah model Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki dengan menganalisis empat elemen berita, yaitu elemen sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Objek pada penelitian terdiri dari berita feature kuliner yang terdapat pada rubrik leisure edisi Maret 2016 dalam Surat Kabar Harian Umum Tribun Jabar. Hasil penelitiannya. Pertama, dalam menyusun fakta wartwan Tribun Jabar lebih mengarah dan menekankan fakta yang terjadi di lapangan. Kedua, dalam mengisahkan fakta, wartawan Tribun Jabar tidak terpaku ke dalam unsur 5W+1H, tetapi dapat dipahami oleh para pembacanya. Ketiga, dalam mengungkapkan fakta, wartawan lebih banyak menggunakan koherensi penjelas, proposisi atau kalimat satu dilihat sebagai penjelas atau kalimat lain. kemudian, Keempat, dalam menekankan fakta wartawan Tribun Jabar cenderung mengaitkannya melalui tulisan dan gambar yang terdapat pada setiap berita yang disajikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Framing; Media; Feature
Subjects: Education
Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ahmad Nurvaiziy
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:14
Last Modified: 20 Jul 2018 07:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item