Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus

Nuryanti, Ana (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pembelajaran fisika di sekolah kurang berhasil membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang umum diterapkan oleh guru yaitu pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered). Guru pada saat pembelajaran fisika kurang memberikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik merasa kesulitan dalam memahami dan menguasai materi fisika yang telah dipelajari. Guru hendaknya mengimplementasikan penguasaan konsep peserta didik melalui model Problem Based Instruction (PBI) agar peserta didik menyusun sendiri pengetahuannya. Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik. Model pembelajaran PBI terdiri dari lima tahapan utama yaitu: 1) Orientasi peserta didik pada masalah; 2) Mengorganisasi peserta didik untuk belajar; 3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok; 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; serta 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Setiap tahap model pembelajaran ini menuntut peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Penguasaan konsep didefinisikan sebagai kemampuan peserta didik dalam memahami makna pembelajaran serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitiannya adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMA Baitul Hikmah Kabupaten Garut. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA SMA Baitul Hikmah dengan jumlah peserta didik 30 orang. Sampel yang terpilih menggunakan teknik sampel jenuh. Data mengenai keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data peningkatan penguasaan konsep peserta didik diperoleh dari nilai pretest dan posttest berbentuk soal urian. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan peserta didik selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran PBI mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru dan peserta didik masing-masing sebesar 82% dengan kategori sangat baik dan 73% dengan kategori baik. Begitu juga terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada materi gerak lurus dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,65 yang termasuk kategori sedang. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (39,429 > 2,045) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada materi gerak lurus setelah diterapkan model pembelajaran PBI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction (PBI); Penguasaan Konsep; Gerak Lurus
Subjects: Curricula
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ana Nuryanti
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:37
Last Modified: 20 Jul 2018 07:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11515

Actions (login required)

View Item View Item