Pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap Profitabilitas: Studi pada PT. Mayora Indah Tbk periode 2012-2016

Chintiawaty, Mellia (2018) Pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap Profitabilitas: Studi pada PT. Mayora Indah Tbk periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Perputaran kas dan perputaran persediaan merupakan unsur aktiva terpenting bagi perusahaan, sebab melalui kas, maka perusahaan dapat membiayai kewajiban jangka pendeknya dan seluruh kegiatan operasional perusahaan untuk menghasilkan barang persediaan yang kemudian dilakukan penjualan agar memperoleh profitabilitas. Dengan perputaran kas, maka dapat diketahui seberapa cepat dana yang telah dikeluarkan untuk biaya operasional perusahaan sampai dana tersebut kembali lagi menjadi kas masuk dalam perusahan. Sedangkan dengan perputaran persediaan dapat mengetahui seberapa besar dana yang tersimpan dalam persediaan dalam suatu periode Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas yang dilakukan pada PT.Mayora Indah Tbk, periode tahun 2012-2016 secara triwulan. Profitabilitas dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan ROA Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang berupa laporan keuangan triwulan selama 5 tahun. Data keuangan tersebut diperoleh dari website www.idx.co.id. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Variabel penelitian yaitu perputaran kas (X1), perputaran persediaan (X2) dan profitabilitas (Y). Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 23 dengan pengujian asumsi klasik (uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi) dan pengujian hipotesis (analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi) Dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan pengujian hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa perputaran kas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, hal tersebut dibuktikan dari nilai thitung ≤ ttabel = -1,585 ≤ 2,086 dan nilai signifikansi (0,131≥0,05). Untuk hasil penelitian perputaran persediaan berpengaruh positif terhadap profitabilitas, hal tersebut dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel= 4,797 ≥ 2,086 dan nilai signifikansi (0,000 ≤ 0,05). Kemudian pengujian secara simultan perputaran kas dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap persediaan dengan nilaiFhitung ≥ Ftabel= 29,838 ≥ 3,59. Nilai dari koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,778, yang berarti bahwa pengaruh antara variabel perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas sebesar 77,8%. Sedangkan sebesar 22,2% (100%-77,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Persediaan; Profitabilitas
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mellia Chintiawaty Mellia Chintiawaty
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:09
Last Modified: 20 Jul 2018 07:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item