Pengaruh kecemasan sosial terhadap ketergantungan pada media sosial di kalangan Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Azka, Fatih (2018) Pengaruh kecemasan sosial terhadap ketergantungan pada media sosial di kalangan Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Individu yang mengalami kecemasan sosial akan sangat cemas ketika harus berinteraksi dan bersosialisasi secara langsung dengan orang lain, akibatnya mereka akan bergantung pada media komunikasi yang dapat dilakukan dalam dunia maya (cyberspace), dalam hal ini yaitu ketergantungan pada media sosial. Hal ini mengindikasikan bahwa dengan melalui komunikasi secara online membuat individu merasa lebih didengar atau mereka dapat lebih mudah mengekspresikan dirinya. Hal ini juga yang menjelaskan mengapa media sosial telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kecemasan sosial terhadap ketergantungan pada media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi prediktif. Instrumen berupa skala kecemasan sosial (92 item) yang mengacu pada aspek-aspek kecemasan sosial dari LaGreca dan Lopez, serta skala ketergantungan pada media sosial (30 item) menurut Griffiths. Dengan subjek sebanyak 342 orang mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dipilih secara random sampling. Analisis regresi linier sederhana digunakan dalam pengolahan data untuk mengetahui derajat hubungan sebab akibat antara variabel kecemasan sosial dan ketergantungan pada media sosial. Berdasarkan hasil pengolahan data maka diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh kecemasan sosial terhadap ketergantungan pada media sosial di kalangan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Variabel Kecemasan sosial memiliki pengaruh terhadap ketergantungan pada media sosial dengan koefisien determinasi sebesar 7,2%. Mayoritas mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung mempunyai kecemasan sosial dan ketergantungan pada media sosial dalam kategori sedang dengan hasil sebanyak 74,6% dan 79.2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Sosial; Ketergantungan pada Media Sosial; Mahasiswa
Subjects: Psychology
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Fatih Azka
Date Deposited: 20 Jul 2018 09:11
Last Modified: 20 Jul 2018 09:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11523

Actions (login required)

View Item View Item