Dampak relokasi sekolah terhadap masyarakat :dampak sosio-ekonomi dari relokasi sekolah SD Negeri 1 Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka

juliyanto, egi (2018) Dampak relokasi sekolah terhadap masyarakat :dampak sosio-ekonomi dari relokasi sekolah SD Negeri 1 Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (922kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya Relokasi sekolah SD Negeri 1 yang berada di Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Perelokasian berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi pada masyarakat. terdapat daerah yang di rugikan karena sebagian masyarakat bermata pencarian sebagai penjual jajanan di sekolah dan juga peralihan mata pencarian pada daerah yang setelah adanya relokasi SD Negeri 1 Panjalin Kidul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Relokasi SD Negeri 1 Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, untuk mengetahui keadaan Sosio-Ekonomi sebelum Relokasi sekolah di SD Negeri 1 Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, untuk mengetahui keadaan Sosio-Ekonomi sesudah Relokasi sekolah di SD Negeri 1 Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Teori yang digunakan adalah teori Perubahan Sosial, Menurut Selo Soemardjan perubahan sosial adalah adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat. Yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalam nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Dalam penelitian ini akan di peroleh gambaran mengenai perubahan sosial yang ada di daerah panjalin kidul terkait akan perubahan yang terjadi dari segi sosio-ekonomi dalam masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, dimana sumber data primer ini diperoleh dari lapangan, baik dari hasil observasi maupun wawancara langsung dengan informan yang di ambil dari pihak-pihak terkait. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari referensi buku, jurnal, surat kabar dan lain-lain yang mendukung peneitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa dampak relokasi sekolah pada masyarakat Desa Panjalin Kidul, pandangan masyarakat terhadap relokasi sekolah beragaman masyarakat memandang positif dan negatif terhadap perpindahan sekolah tersebut. yang terjadi Perubahan sosial pada masyarakat Blok Sinanghaji dari petani dan buruh tani menjadi pedagang tetap di lingkungan sekolah di karenakan berjualan lebih menjanjikan bagi masyarakat yang sebelumnya petani yang menaruh harapan pada cuaca setiap tahunya. Adanya kecemburuan dari masyarakat yang berada di daerah Blok Gambreng Kidul di sebabkan perpindahan sekolah yang berjarak sangat jauh pada pemukiman warga dan kurang strategis dalam sehingga banyak masyarakat Blok Gambreng Kidul memindahkan anaknya di karenakan jarak dari sekolah dengan rumahnya yang terlau jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: relokasi sekolkah,masyararakat,pedagang
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Egi juli yanto
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:17
Last Modified: 26 Jul 2018 07:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item