Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI : Penelitian Tindakan kelas terhadap siswa kelas XI A SMK Baitul Aziz Kab Bandung

Allarqi, Isna Putri (2017) Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI : Penelitian Tindakan kelas terhadap siswa kelas XI A SMK Baitul Aziz Kab Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarfustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di kelas XI A SMK Baitul Aziz Kab. Bandung bahwa dalam pembelajaran PAI permasalahan yang peneliti temukan adalah hasil belajar siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM yang di tetapkan sekolah yaitu 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan penggunaan model Carousel Feedback dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Baitul Aziz Kab. Bandung. Model Pembelajaran Carousel Feedback adalah strategi yang menyediakan kesempatan bagi siswa bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan dan memahami tentang isu-isu kunci, masalah, dan konsep dengan mengingat fakta, keyakinan, informasi, dan/atau kesepakatan kunci. Selama proses ini, siswa bekerja sama untuk menghasilkan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan oleh guru dan merenungkan tanggapan yang dihasilkan oleh sesama siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dan setelah pengumpulan data. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif adalah tentang hasil belajar siswa. Dalam penelitian tindakan kelas ini di ambil dari proses pembelajaran yaitu penerapan pembelajaran Cooperative model Carousel Feedback, hasil dari observasi/pengamatan untuk siswa, guru, dan catatan lapangan. Hasil akhirnya adalah perbandingan dari tes setiap siklus yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ditemukan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran (Pra Siklus) banyak siswa yang tidak memperhatikan sehingga hasil belajar siswa rendah, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu hanya 60 dan prosentase ketuntasannya hanya 35%. Setelah menggunakan model pembelajaran Coopetaive model Carousel Feedback siswa merasa senang. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas dan sikap antusias mereka ketika mengerjakan soal-soal materi Q.S Al-Baqarah:148 dan Al-Fatir tentang berkompetisi dalam kebaikan. Hasil belajar siswa yang di ukur melalui tes individu setiap siklus telah menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi dengan baik. Pemahaman siswa terhadap materi materi Q.S Al-Baqarah:148 dan Al-Fatir: 32 tentang berkompetisi dalam kebaikan juga dapat dilihat dari pekembangan ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami kemajuan. Perolehan kenaikan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 adalah 70% dan naik 90% pada perolehan ketuntasan hasil belajar pada tes siklus 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Carousel Feedback
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isna Putri
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:28
Last Modified: 26 Jul 2018 06:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11666

Actions (login required)

View Item View Item