Peran Badan Usaha Milik Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa : Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa Bersama Tri Mitra Abadi di Desa Karyajaya Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut

Irma, Ai Elis (2018) Peran Badan Usaha Milik Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa : Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa Bersama Tri Mitra Abadi di Desa Karyajaya Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah kesejahteraan masyarakat di Desa Karyajaya Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Di Desa tersebut mayoritas penduduknya bekerja sebagai buruh tani dan banyak juga yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Desa karyajaya adalah Desa yang memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah tetapi karena masyarakatnya hanya bekerja sebagai buruh maka tingkat kesejahteraan masyarakatnya tidak terlalu tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program dan peran Badan Usaha Milik Desa Bersama Tri Mitra Abadi,dalam mensejahterakan masyarakat, untuk mengetahui kesejahteraan masyarakat setelah didirikannya Badan Usaha Milik Desa Bersama Tri Mitra Abadi dan untuk mengetahu faktor penghambat dan pendorong Badan Usaha Milik Desa Bersama Tri Mitra Abadi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran perspektif structural fungsional dari Talcot Parson. Dalam teorinya Parson melihat unit sosial berfungsi bagi unit sosial lain. Teori ini juga melihat bahwa setiap struktur masyarakat memiliki peran dan fungsi tersendiri. Demikian juga dengan Badan Usaha Milik Desa Bersama Tri Mitra Abadi memiliki peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa karyajaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif merupakan penggambaran keadaan dilapangan terkait usaha yang dilakukan Badan Usaha Milik Desa Bersama Tri Mitra Abadi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggali informasi dari informan dengan menggunakan wawancara mendalam. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai sumber data primer diantaranya yaitu pengurus Badan Usaha Milik Desa Bersama Tri Mitra Abadi, Tokoh Masyarakat dan warga Desa karyajaya, sedangkan sumber data sekunder yaitu publikasi ilmiah, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program dalam meningkat kesejahteraan masyarakat yaitu pemberian modal kepada kelompok usaha, bermitra dengan pengusaha (kelompok usaha lain), Sedangkan perannya yaitu dengan memberikan lapangan kerja kepada masyarakat sekitar dan meningkatkan penghasilan masyarakat Desa Karyajaya. Keadaan kesejahteraan masyarakat setelah didirikannya Badan Usaha Milik Desa lumayan sedikit meningkat walaupun peningkatan kesejahteraannya tidak terlalu tinggi dan faktor pendorong dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu pihak terkait dan masyarakat yang ikut berpartisifasi sedangkan penghambatnya yaitu modal, pihak desa dan mentalitas warga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Badan Usaha Milik Desa dan kesejahteraan
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: ai irma elis
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:30
Last Modified: 23 Jul 2018 04:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item