Pengaruh Renovasi Dan Relokasi Pasar Tradisional Terhadap Kesejahteraan Pedagang Pasar Cicalengka :Studi di Lantai 1 + Kabit Pasar Cicalengka Kabupaten Bandung

Noerbach, Emilia Siti (2018) Pengaruh Renovasi Dan Relokasi Pasar Tradisional Terhadap Kesejahteraan Pedagang Pasar Cicalengka :Studi di Lantai 1 + Kabit Pasar Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 cover.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dakpus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pasar Cicalengka yang terletak di Kabupaten Bandung Jawa Barat. Pasar Cicalengka merupakan pasar tradisional satu-satunya yang ada di Kecamatan Cicalengka. Keberadaan Pasar Cicalengka ini merupakan salah satu dari berbagai sumber peningkatan perekonomian masyarakat di Kecamatan Cicalengka. Agar pasar tradisional tidak terkesan kumuh, pemerintah Kabupaten Bandung mengambil sebuah kebijakan untuk menata pasar tradsional Cicalengka ini menjadi pasar semi modern, dengan memindahkan lokasi pasar di Jalan sekitar Alun-alun Cicalengka, tepatnnya berada di Terminal Cicalengka. Adakah keberpengaruhan renovasi sekaligus relokasi pasar ini bagi peningkatan kesejahteraan para pedagangnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Renovasi Pasar (X1) dan Relokasi Pasar (X2) terhadap kesejahteraan Pedagang (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Kerangka pemikiran ini ditinjau dari perspektif teoritis, penelitian ini semakin menambah panjang deretan yang memperkuat teori dimana renovasi pasar dan relokasi Pasar berpengaruh positif terhadap Kesejahteraan Pedagang. Renovasi adalah perbaikan asset tetap yang rusak atau mengganti yang baik dengan maksud meningkatkan kualitas atau kapasitas. Relokasi merupakan pemindahan lokasi industry dari suatu Negara berkembang atau dari Negara lain untuk mendekati bahan baku dan menghasilkan jenis barang yang mampu bersaing di pasar Internasional. Kesejahteraan dalam istilah umum, sejahtera menunjukan keadaan yang baik, kondisi manusia dimana orang-orangnya dalam keadaan makmur dalam keadaan sehat dan damai. Metodelogi dalam penelitian ini kuantitatif. Populasi dan sampelnya adalah pedagang Pasar Cicalengka. Dari populasi sebanyak 80 dengan teknik pengambilan sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel. Data yang dihasilkan adalah tanggapan responden yang telah ditetapkan sebagai sampel dari kuisoner yang telah disebar. Dari hasil pengolahan data pengaruh Renovasi Pasar (X1) dan Relokasi Pasar (X2) terhadap Kesejahteraan Pasar (Y) secara parsial dapat diperoleh persamaan sebagai berikut :Y = 19,533 ¬¬+ 0,021 X1 + 0,708 X2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Renovasi Pasar (X1) tidak berpengaruh positif terhadap Kesejahteraan Pasar (Y) dibuktikan denganthitung = -0,173 ˂ ttabel = 1,66 dengan tingkat signifikan sebesar 0,863 ˃ 0,05, dan nilai β 0,053. Relokasi Pasar (X2) berpengaruh positif terhadap Kesejahteraan Pasar (Y) di buktikan denganthitung = 4,569 ˃ ttabel= 1,66 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 ˂ 0,05, dan nilai β 0,490. Dan secara simultan pengaruh Renovasi Pasar (X1) dan Relokasi Pasar (X2) terhadap Kesejahteraan Pedagang (Y) menghasilkan nilai sebesarfhitung = 14,422 ≥ ftabel = 3,11 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05 dan R-square diprelorehsebesar 0,273 atau 27,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Renovasi Pasar;Relokasi Pasar;Kesejahteraan Pedagang
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Emilia Siti Noerbach
Date Deposited: 24 Jul 2018 02:37
Last Modified: 24 Jul 2018 02:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11692

Actions (login required)

View Item View Item