Analisis perilaku politik masyarakat Pangandaran dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Pangandaran pada tahun 2015: studi di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran

Fitrianingsih, Laila (2018) Analisis perilaku politik masyarakat Pangandaran dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Pangandaran pada tahun 2015: studi di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini bangsa Indonesia telah melewati suatu babak baru dalam pelaksanaan demokrasi, dimana pemilihan umum dimulai dari pemilihan legislatif hingga pemilihan Presiden, boleh terlaksana dengan aman, jujur dan adil. Pemilu yang dilaksanakan secara langsung dengan memilih kandidat-kandidat baik dari calon legislatif maupun calon eksekutif, memberikan kebebasan kepada rakyat untuk memilih sendiri kandidatnya. Pemilihan umum di tahun 2004 merupakan pemilihan umum perdana yang memberikan kebebasan kepada rakyat untuk memilih secara langsung. Implementasi demokrasi langsung itu juga terwujud dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung di Kabupaten Pangandaran. Pemilihan kepala daerah pertama kali dilakukan pada tahun 2015. Maka dari itu penulis tertarik melakukan penelitian mengenai perilaku politik masyarakat Kecamatan Parigi dalam pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Pangandaran pada tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu bertujuan untuk menggambarkan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi dan berbagai fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian dan berupaya menarik realitas itu kepemukaan sebagai gambaran tentang kondisi, situasi atau fenomena tertentu. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi, analisis data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Berdasarkan analisis data hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa partisipasi masyarakat di Kecamatan Parigi baik, tetapi perilaku politik masyarakat Kecamatan Parigi dalam memilih calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Pangandaran pada tahun 2015 kurang baik dikarnakan masyarakat lebih melihat dari segi kekerabatan, ideologi, dan partai politik pasangan calon bupati dan wakil bupati. Hal tersebut dikarnakan sikap masyarakat yang masih tradisional dan rendahnya pendidikan politik di Kecamatan Parigi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: demokrasi; pemilu; perilaku politik
Subjects: Political dan Government Science
Political Process
Political Process > Parties in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: laila laila laila
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:12
Last Modified: 14 Sep 2018 03:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11705

Actions (login required)

View Item View Item