"Pelaksanaan Pembayaran Uang Panjar Dalam Sewa Menyewa Lapangan Futsal Zone 73 Dikelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung"

Erlan swasta, Dera (2018) "Pelaksanaan Pembayaran Uang Panjar Dalam Sewa Menyewa Lapangan Futsal Zone 73 Dikelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung". Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 24 July 2018.

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 24 July 2018.

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 24 July 2018.

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 24 July 2018.

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehudupan sehari-hari olah raga menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat dalam menjaga kesehatannya. Khususnya olah raga yang banyak digemari dimasyarakat. Futsal menjadi salah satu jawaban atas sempitnya lahan bermain di daerah perkotaan. Dalam hal ini penyusun membahas tentang mekanisme pelaksanaan sewa menyewa lapangan futsal. Sewa menyewa adalah perjanjian dimana yang menyanggupi menyerahkan benda untuk dipakai selama waktu yang ditentukan dan pihak lain menyanggupi membayar harga yang ditetapkan untuk dipakai pada ketentuan yang telah diatur. Lapangan futsal Zone 73 di kelurahan Palasari kota Bandung melakukan transaksi sewa menyewa atau Ijarah. Sewa menyewa yang berlaku di Zone 73 futsal menggunakan uang muka atau panjar dalam penyewaan lapangan futsal yaitu membayar uang muka ketika ingin menggunakan fasilitas lapangan atau bisa disebut panjar (‘urbun). Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan berdasarkan rumusan masalah. Pertama, menjelaskan pelaksnaan sistem panjar dalam sewa menyewa lapangan futsal Zone 73 di kelurahan Palasari kecamatan Cibiru kota Bandung dan. Kedua, pandangan hukum ekonomi Islam terhadap pelaksanaan sistem panjar pada sewa menyewa lapangan futsal Zone 73 di kelurahan Palasari kecamatan Cibiru Kota Bandung. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa dalam sewa menyewa dengan mengguanakan uang panjar (‘urbun) secara etimologis adalah sesuatu yang dijadikan sebagai suatu pengikat dalam jual beli dan merupakan bentuk transaksi yang masih diperdebatkan oleh kalangan para Ulama tentang kejelasan hukumnya, karena di dalamnya terdapat indikasi merugikan salah satu pihak. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan subjek di jl. A.H. Nasution No. 73,Cipadung, Cibiru Kota Bandung. Sifat penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Pendekatan masalah yang penyusun gunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan analisis data pada penelitian ini memakai metode induktif dan dedukatif. Berdasarkan metedologi dan teori yang digunakan, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: dalam pelaksanaan sewa menyewa lapangan futsal Zone 73 di kelurahaan Palasari, cibiru Kota Bandung ini menggunakan akad ijarah, yang dilakukan berdasarkan kerelaan tanpa adanya paksaan dari pihak futsan Zone 73 di kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Dalam perjanjian sewa menyewa ditetapkan sistem panjar sebagai pengikat antara pihak futsal Zone 73, yang diterapkan pada sewa menyewa lapangan futsal Zone 73 dinyatakan sah menurut hukum Islam karena dalam pelaksanaannya tidak ada yang dirugikan di antara keduanya dan dilakukan berdasarkan kerelaan, dan hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan; Uang Panjar; Sewa Menyewa
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Financial Economics, Finance > Money
Production, Industrial Economics > Joint Ventures
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Dera Erlan Swasta
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:18
Last Modified: 25 Jul 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item