Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Remaja (Penelitian di SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi)

Alhakim, Ray Alsayyid (2018) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Remaja (Penelitian di SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi). Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (1_Cover)
COVER.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DaftarIsi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BabI)
BAB I.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text (5_BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (6_BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (7_BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (8_BabV)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (9_DaftarPustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial telah menjadi ujung tombak sebagai sarana komunikasi bagi masyarakat yang pada khususnya remaja jenjang SMA. Pengaruh penggunaan media sosial kepada para remaja tingkat SMA dapat mengubah atau menganggu perkembangan dan perilaku sosial remaja pada umumnya. Perilaku sosial adalah aktivitas seseorang terhadap lingkungannya. Remaja pada umunya bermain bersama temannya, berinteraksi dengan sekitarnya dan ngumpul bersama. Hal tersebut merupakan perilaku umum yang dilakukan remaja. Akan tetapi, media sosial berpengaruh besar terhadap perilaku sosial remaja, dengan pengaruh penggunaan media sosial yang intens yang dilakukan oleh remaja membuat remaja menjadi tertutup dengan sekitar. Remaja jadi lebih suka berdiam diri dirumah atau kamarnya bersama dengan media sosialnya, yang membuat jarang dan segan untuk bermain, berinteraksi maupun mengumpul bersama teman-temannya. Remaja akan menjadi anggota masyarakat yang terisolasi yang individualis yang tertutup dengan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) bagaimana penggunaan media sosial di SMA Negeri 1 Cikarang Utara. (2) bagaimana perilaku sosial remaja di SMA Negeri 1 Cikarang Utara. (3) bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku sosial remaja di SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Teori yang digunakan adalah teori Pertukaran Sosial oleh George Casper Homans yang terpusat pada proposisi-proposisinya terutama proposisi nilai. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu metode penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat diantara variabel-variabel penelitian dengan pengujian statistic. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X sebesar 443 populasi dan menggunakan teknik Random Sampling (Sample Acak Sederhana) dengan rumus Slovin, hasilnya 81 Responden. Hasil penelitian mengetahui bahwa, (1) penggunaan media sosial remaja di SMA Negeri 1 Cikarang utara memiliki persentasi 66,44% dalam penggunaannya, dikarenakan media sosial merupakan sarana komunikasi dan informasi yang sering digunakan siswa; (2) perilaku sosial remaja di SMA Negeri 1 Cikarang Utara dalam perubahan perilakunya memiliki besar persentase 68,37%, sebab usia remaja merupakan masa pencarian jati diri yang mudah dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal; (3) pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku sosial remaja di SMA Negeri 1 Cikarang Utara menunjukkan pengaruh sebesar 23,91%. Hal tersebut dikarenakan ada faktor lain yang lebih mempengaruhi perilaku sosial siswa, seperti aplikasi tik-tok dan mobile legend Kata kunci : Penggunaan Media Sosial, Perilaku Sosia, Proposisi – proposisi, Proposisi Nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Sosial, Perilaku Sosial, Proposisi-proposisi, Proposisi Nilai
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ray Alsayyid Alhakim
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:38
Last Modified: 31 Jul 2018 01:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item