Pengaruh pendapatan bagi hasil musyarakah dan biaya personalia terhadap laba operasional pada PT. Bank Muamalat periode 2015-2017

Nurlaila, Anisa (2018) Pengaruh pendapatan bagi hasil musyarakah dan biaya personalia terhadap laba operasional pada PT. Bank Muamalat periode 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh pendapatan bagi hasil musyarakah dan biaya personalia terhadap laba operasional PT. Bank Muamalat Periode 2015-2017 sesuai dengan data yang telah diperoleh. Pendapatan dalam perusahaan adalah menjalankan kegiatan operasionalnya, apabila perusahaan dapat mengefisienkan pendapatan maka akan meningkatkan keuntungan yang diperoleh. Biaya Personalia sebuah perusahaan juga menjadi sesuatu yang penting dalam kelangsungan hidup perusahaan, terutama untuk kemaslahatan pegawai yang akan meningkatkan produktifitas perusahaan sehingga biaya personalia digunakan dengan efisien maka perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap laba operasional secara parsial, mengetahui pengaruh biaya personalia terhadap laba operasional secara parsial, dan mengetahui pengaruh pendapatan bagi hasil musyarakah dan biaya personalia terhadap laba operasional secara simultan pada pt. bank muamalat periode 2015-2017. Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah semakin tinggi pendapatan bagi hasil musyarakahnya maka semakin tinggi pula laba operasional nya, begitu juga sebaliknya. Adapun semakin tinggi biaya personalianya maka semakin rendah laba operasionalnya, begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat uji statistik yang digunakan yaitu dengan analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t dan uji F. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendapatan bagi hasil musyarakah dan biaya personalia sedangkan laba operasional sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan publikasi PT. Bank Muamalat periode 2015-2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis koefisien determinasi untuk pendapatan bagi hasil musyarakah adalah sebesar 47% sedangkan 53% dipengaruhi oeh faktor lain di luar penelitian ini. Sedangkan perolehan hasil analisis koefosien determiasi biaya personalia adalah sebesar 23,9% sedangkan 76,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Perolehan analisis koefisien determinasi yang bertinjau untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan bagi hasil musyarakah dan biaya personalia terhadap laba operasional dalam bentuk presentase adalah sebesar 62,1% dan sisanya sebesar 37,9% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah; Biaya Personalia; Laba Opersional
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Anisa Nurlaila
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:46
Last Modified: 26 Jul 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item