Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Materi Hukum Nun Sukun dan Tanwin

Ulfah, Ulfah (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Materi Hukum Nun Sukun dan Tanwin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Plus Al-Ma’mun Sumedang, didapat informasi dari guru kelas VII - A bahwa dari 22 siswa, hanya 40% (Siswa) saja yang memiliki ketuntasan Nilai pada Ulangan Harian tentang Hukum Nun Sukun dan Tanwin. Rendahnya nilai tersebut diakibatkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa kurang tertarik ketika mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, salah satunya yaitu dengan cara menerapkan Model Pembelajaran (MEA). Tujuan penggunaan model pembelajaran ini adalah untuk: 1) mengetahui kondisi hasil belajar kognitif siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), 2) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan 3) untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas VII – A SMP Plus Al-Ma’mun Sumedang Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) bisa diartikan sebagai strategi untuk menganalisis permasalahan melalui berbagai cara untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Dengan menggunakan Model Pembelajaran (MEA) Siswa dapat terbiasa memecahkan soal-soal pemecahan masalah, selain itu, Siswa dengan kemampuan rendah dapat merespon permasalahan dengan cara mereka sendiri. Sehingga hal tersebut mempermudah siswa dalam memahami materi. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus selama empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil belajar kognitif siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) masih tergolong Sedang dengan daya serap klasikal 40,45%, ketuntasan klasikal 54,54% dan nilai rata – rata 71,68%.. 2) Proses Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan pertama 62,66%, aktivitas siswa 63,80% dan aktivitas guru siklus I pertemuan kedua 70,59%, aktivitas siswa 75%. Hasil observasi aktivitas guru siklus II pertemuan pertama 76%, aktivitas siswa 79,04%, dan aktivitas guru siklus II pertemuan kedua 100%, aktivitas siswa 100%. 3) Hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) meningkat, berdasarkan hasil belajar kognitif siklus I dengan daya serap klasikal 59,54%, ketuntasan klasikal 72,72%, dan nilai rata-rata 77,68, dan meningkat pada siklus II dengan daya serap klasikal 90,09%, ketuntasan klasikal 100% dan nilai rata-rata 90,09. Dengan demikian, dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII – A SMP Plus Al-Ma’mun Sumedang pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi hukum nun sukun dan tanwin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA)
Subjects: Islam > Islam and Religions of Indic Origin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfah Ulfah
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:23
Last Modified: 06 Nov 2018 02:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item