Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER)terhadap Return on Assets di PT.Adhi Karya (PERSERO)TBK tahun 2007 - 2016

Lestanti, Lika (2018) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER)terhadap Return on Assets di PT.Adhi Karya (PERSERO)TBK tahun 2007 - 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR IS1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya Return on Assets (ROA) keuntungan dari laba bersih yang diperoleh perusahaan merupakan salah satu gambaran tentang kondisi keuangan suatu perusahaan. Laba yang dihasilkan oleh perusahaan dapat diketahui melalui alat pengukuran analisis laporan keuangan seperti current ratio dan debt to equity ratio, analisis keuangan ini dilakukan agar para pengguna infomasi keuangan dapat mengetahui baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu. Dengan adanya fenomena sosial yang terjadi karena tertekannya pada (ROA) perusahaan jika dibandingkan dengan perolehan laba sebelumnya sehingga mengalami penurunan pada (ROA) dan menjadi berfluktuasi dari tahun ketahun karena disebabkan tumbuhnya beban pokok pendapatan yang naik, hal itu juga diikuti oleh peningkatan jumlah beban usaha yang naik juga sehingga terjadi karena PT. Adhi Karya (Persero) Tbk lebih tinggi Debt to Equity Ratio (Rasio Hutang) dibandingkan dengan Return on Assets (ROA) nya yang lebih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh dari current ratio dan debt to equity ratio terhadap return on assets baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan sektor kontruksi. Untuk current ratio, peneliti menggunakan teori dari Kasmir, Horne dan Wachowicz. Sedangkan untuk debt to equity ratio, peneliti menggunakan teori menurut Kasmir dan untuk return on assets peneliti menggunakan teori Subramanyam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan laporan keuangan serta laporan tahunan (Annual Report) di www.idx.com. data yang digunakan data sekunder. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 10 tahun. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F dengan program SPSS versi 23 untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh current ratio dan debt to equity ratio terhadap return on assets. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengukuran current ratio dan debt to equity ratio terhadap return on assets tahun 2007-2016 dengan Uji T menunjukkan bahwa current ratio mempunyai pengaruh positif terhadap return on assets sedangkan debt to equity ratio tidak mempunyai pengaruh positif terhadap return on assets. Kemudian Uji F menunjukkan bahwa current ratio dan debt to equity ratio mempunyai pengaruh positif terhadap return on assets.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return on Assets
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Lika Lika Lika
Date Deposited: 27 Jul 2018 02:44
Last Modified: 27 Jul 2018 02:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item