Kontribusi masyarakat dalam melestarikan budaya tradisional karinding: Penelitian di kampung Manabaya Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat

Putri, Dineu Noviana (2017) Kontribusi masyarakat dalam melestarikan budaya tradisional karinding: Penelitian di kampung Manabaya Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hampir punahnya salah satu budaya tradisional di Indonesia yaitu Karinding. Sehingga diperlukan adanya perhatian serta upaya-upaya dari masyarakat untuk menjaga, menghargai serta melestarikan kesenian Karinding. Upaya pelestarian kesenian Karinding sangat diperlukan agar kesenian Karinding tetap bisa lestari dan bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pelestarian kesenian Karinding di Kampung Manabaya Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh masyarakat di Kampung Manabaya dalam melestarikan kesenian Karinding serta faktor penunjang dan penghambat dalam proses pelestarian kesenian Karinding. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi dan bahan kajian tentang kesenian tradisional sebagai salah satu kesenian rakyat yang patut untuk dilestarikan. Penelitian ini didasarkan pada teori Tindakan Sosial Max Weber, dimana ia mengatakan bahwa dunia ini terwujud karena tindakan sosial di masyarakat yang dilakukan oleh individu atau masyarakat. Manusia melakukan sesuatu karena mereka memutuskan untuk melakukannya dan ditujukan untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Setelah memilih sasaran, mereka memperhitungkan keadaan, kemudian memilih tindakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan studi kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan kemudian di analisis menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan masyarakat Kampung Manabaya dalam melestarikan kesenian tradisional Karinding dilakukan dengan cara 1) mendirikan kelompok kesenian pelatihan Karinding yang di bimbing oleh Abah Olot serta dukungan dari masyarakat setempat. Pelatihan ini diharapkan supaya masyarakat dapat belajar kesenian tradisional Karinding 2) pementasan kesenian Karinding 3) Akulturasi Alat Musik Tradisional Karinding Dengan Alat Musik Moderen Karinding mengalami kemajuan jika dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu. Dari masyarakat yang kurang memahami bahkan tidak mengenal alat musik tradisional karinding kini lambat laun telah mulai dipandang sebagai warisan musik sunda yang harus tetap dilestarikan keberadaannya agar tidak punah atau bergeser dengan maraknya alat musik modern yang mulai ada di masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:00
Last Modified: 18 Aug 2018 04:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item