Perilaku masyarakat dalam memanfaatkan taman kota di Kota Bandung: Kajian deskriptif di taman lansia Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung

Mardiah, Laera (2016) Perilaku masyarakat dalam memanfaatkan taman kota di Kota Bandung: Kajian deskriptif di taman lansia Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari persoalan terhadap perilaku masyarakat dalam memanfaatkan ruang publik berupa taman kota tepatnya Taman Lansia. Tidak semua masyarakat pengunjung taman dapat berperilaku dengan baik selama memanfaatkan taman tersebut. Sebagian dari mereka masih ada yang tidak menerapkan perilaku yang positif dan tidak mentaati peraturan selama berada di Taman Lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai tujuan dinas pemakaman dan pertamanan mendirikan taman lansia, dan bagaimana pandangan masyarakat terhadap keberadaan taman lansia serta bagaimana perilaku masyarakat dalam memanfaatkan taman lansia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behavior sosiologi. Teori ini memusatkan perhatiannya kepada hubungan antara akibat dari tingkah laku yang terjadi di dalam lingkungan aktor dengan tingkah laku aktor. Teori ini berusaha menerangkan tingkah laku yang terjadi dimasa sekarang melalui kemungkinan akibatnya yang terjadi dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini memusatkan perhatian pada masalah-masalah aktual yang ada pada saat penelitian dilakukan, menggambarkan fakta-fakta masalah yang diselidiki secara sistematis, faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara observasi dan wawancara mendalam kepada masyarakat yang sedang berkunjung di Taman Lansia serta studi kepustakaan untuk menelaah bahan bacaan atau dokumen yang berkaitan dengan masalah dalam penelitian ini. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif, dengan cara merangkum dan memfokuskan apa yang hendak diteliti, menguraikan dan menganalisis hasil yang telah diteliti, dan setelah itu dapat disimpulkan. Hasil penelitian diperoleh bahwa tujuan Dinas Pemakaman dan Pertamanan mendirikan Taman Lansia adalah untuk menunjang kesejahteraan warga dan untuk memfasilitasi sarana dan prasarana di lingkungan kota. Sebagian besar masyarakat memiliki pandangan yang positif mengenai keberadaan Taman Lansia karena mereka dapat memanfaatkan failitas tersebut dengan gratis, namun masih ada pula masyarakat yang memiliki pandangan negatif terhadap Taman Lansia karena masih ada pengunjung yang tidak dapat memberikan perlaku yang baik selama berada di taman. Perilaku masyarakat dalam memanfaatkan Taman Lansia ada yang bersifat positif, yaitu mereka dapat memanfaatkan taman sesuai dengan fungsinya. Namun masih ada juga pengunjung yang tidak dapat berperilaku dengan baik selama berada di taman, beberapa dari mereka tidak dapat menerapkan peraturan yang ditetapkan pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:01
Last Modified: 18 Aug 2018 04:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item View Item