Pola asuh ibu muda 17-20 tahun dalam menanamkan kesehatan pada balita studi kasus ibu muda Desa Soklat Kelurahan Soklat Subang

hermawanty, deka tia (2018) Pola asuh ibu muda 17-20 tahun dalam menanamkan kesehatan pada balita studi kasus ibu muda Desa Soklat Kelurahan Soklat Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Usia balita merupakan masa kritis dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, karena dimasa inilah periode tumbuh kembang anak yang paling optimal dan baik untuk intelegensi maupun fisik. Kesehatan anak (balita) sangat penting diperhatikan karena perkembangan anak tergantung pada bagaimana perilaku seorang ibu mengasuhnya. Khususnya ibu muda 17 – 20 tahun dalam menanamkan kesehatan pada balita masih terdapatnya ibu muda yang mengasuh anak berdasarkan orang tua terdahulu saja karena kurangnya pengetahuan dalam menanamkan pola asuh pada balita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ibu muda dalam menanamkan kesehatan pada balita, bagaimana partisipasi masyarakat dalam menanamkan kesehatan pada balita, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat ibu muda dalam menanamkan kesehatan pada balita. Pola asuh pada prinsipnya merupakan parental kontrol, bagaimana orang tua mengontrol, membimbing dan mendampingi anak, sosiologi keluarga adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar individu didalam keluarga, anak balita adalah anak yang telah menginjak diatas satu tahun atau lebih popular pengertian usia anak di bawah lima tahun (Muaris.H, 2006). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sumber data dan informasi didapatkan dengan wawancara 14 informan, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dan observasi, hasil penelitian menunjukan bahwa, pola asuh yang diterapkan oleh ibu muda adalah dengan pola asuh anak diasuh oleh ibunya, anak diasuh oleh nenek, dan anak diasuh oleh ayah/bapak, dari 10 orang informan menyatakan ikut serta dan berpartisipasi dalam menanamkan kesehatan pada balita dengan mengikuti kegiatan posyandu untuk menunjang tumbuh kembang anak walaupun harus diwakilkan oleh sanak saudara maupun kerabat dekat, faktor pendorong ibu muda dalam menanamkan kesehatan pada balita adalah anak, keluarga, lingkungan dan agama, faktor penghambat yang dihadapi oleh ibu muda dalam menanamkan kesehatan pada balita adalah faktor waktu, yang kebanyakan dan rata-rata para ibu muda adalah pekerja, sehingga waktu yang anak dapatkan hanya ketika ibu pulang kerja atau hari libur saja, faktor ekonomi, lingkungan yang kurang bersih, dan faktor pengetahuan dalam pola asuh yang baik dan benar. Berdasarakan hal tersebut, peneliti penyimpulkan bahwa sangat pentingnya menjaga kesehatan balita karena merupakan masa keemasan dalam tumbuh kebang anak, masalah ibu muda 17-20 tahun dalam menanamkan kesehatan pada balita tidak lain adalah pengetahuan mengenai pola asuh anak, faktor ekonomi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang sehat, karena jika setiap individu memahami dan mengerti akan pola asuh yang baik dan pola hidup sehat akan menghasilkan hal yang positif untuk individu dan masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pola asuh; kesehatan balita
Subjects: Education > Sociology of Education
Medicine and Health
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: DEKA TIA HERMAWANTY
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:22
Last Modified: 01 Aug 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item