Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Modelling The Way pada mata pelajaran PAI sub bab Fiqih dan pengaruhnya terhadap pelaksanaan ibadah sehari-Hari siswa : penelitian pada siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Bandung Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

Rakasiwi, Ardi (2018) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Modelling The Way pada mata pelajaran PAI sub bab Fiqih dan pengaruhnya terhadap pelaksanaan ibadah sehari-Hari siswa : penelitian pada siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Bandung Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih ada siswa yang baik dalam hal kognitif namun pada pelaksanaan ibadah sehari-harinya masih kurang baik. Beberapa contoh masalah dalam pelaksanaan shalat Dzuhur berjamaah masih banyak siswa yang belum sadar akan kewajibannya shalat berjamaah, kemudian dalam pembiasaan baca tulis Al Quran masih banyak siswa yang tidak mengikuti pembiasaan tersebut begitu pula dengan pembiasaan shalat Dhuha bersama setiap Jumat pagi sebelum pembelajaran dimulai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Modelling The Way pada mata pelajaran PAI subbab Fiqih di SMP Negeri 17 Bandung, untuk mengetahui pelaksanaan ibadah sehari-hari siswa di SMP tersebut dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Modelling The Way pada mata pelajaran PAI subbab Fiqih terhadap pelaksanaan ibadah sehari-hari siswa di SMP tersebut Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa pemilihan metode pembelajaran yang tepat pada materi PAI subbab Fiqih akan sangat berkaitan dengan pelaksanaan ibadah sehari-hari siswa dan metode pembelajaran Modelling The Way lah salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran Fiqih. Selain dari metode itu, tanggapan dari siswa pun sangat berpengaruh untuk keberhasilan pembelajaran, untuk itu tanggapan siswa positif maka pembelajaran akan berjalan dengan baik dan mendapat hasil baik pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa SMP Negeri 17 Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Setelah dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Modelling The Way termasuk pada kualifikasi sangat tinggi, hal tersebut berdasarkan skor 4,397 berada pada interval 4,20 – 5,00; (2) Pelaksanaan ibadah sehari-hari siswa termasuk pada kualifikasi tinggi, hal tersebut berdasarkan skor 3,81 berada pada interval 3,40 – 4,19; dan (3) Pengaruh antara keduanya adalah (a) Angka koefisien korelasi sebesar 0,67, angka tersebut termasuk pada kualifikasi tinggi karena berada pada interval 0,60 – 0,69 ; (b) Hipotesisnya diterima yaitu adanya hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y karena t hitung > t tabel atau 4,78 > 2,763 ; dan (c) Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 26%, sehingga masih terdapat 74% faktor lain yang mempengaruhi pelaksanaan ibadah sehari-hari siswa SMP Negeri 17 Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Modelling The Way; PAI; Fiqih; Pengaruh; Ibadah Sehari-hari
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ardi Rakasiwi
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:01
Last Modified: 09 Aug 2018 08:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item