Penerapan strategi pembelajaran aktif critical incident untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Mekar Arum Bandung

Milah, Dede Risda Sihabul (2017) Penerapan strategi pembelajaran aktif critical incident untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Mekar Arum Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya guru dalam menggunakan strategi pembelajaran yang membuat siswa menjadi cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran PAI. Hal demikian ini menunjukan tidak adanya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan strategi pembelajaran aktif critical incident yang saya terapkan, diharapkan siswa aktif dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi penerapan strategi pembelajaran aktif critical incident pada mata pelajaran PAI kelas VIII. Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran aktif critical incident pada mata pelajaran PAI kelas VIII. Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru memilih startegi pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih strategi pembelajaran aktif critical incident karena strategi ini membuat siswa harus mengingat dan mendiskripsikan pengalaman masa lalunya yang sesuai dengan topik materi yang disampaikan. Kesuksesan proses refleksi dengan menggunakan analisa kasus nyata dengan kejadian yang kritis (Critical Incident),akan mempengaruhi individu untuk mampu Mengembangkan opini-opininya, Melihat kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, Melatih ketajaman berfikir dan Menjadi kreatif Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Mekar Arum Bandung, dan untuk sampel menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII D sebanyak 60 siswa. Hipotesis yang diajukan adalah “Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi akhlak tercela kelas VIII A dan VIII D menggunakan strategi pembelajaran aktif critical incident”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif critical incident di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata postest sebesar 73 dengan kategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi pembelajaran nilai rata-rata postest sebesar 64,7 dengan kategori cukup. Perbedaan hasil belajar kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif critical incident memiliki rata-rata pretest 50, rata-rata posttest 73 dan N-Gain 0,44 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas yang tidak menggunakan strategi pembelajaran memiliki rata-rata pretest 50,89 rata-rata posttest 64,7 dan N-Gain 0,29 dengan kriteria rendah, disimpulkan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif; Critical Incident; Penerapan; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Risda Sihabul Milah
Date Deposited: 27 Jul 2018 08:29
Last Modified: 27 Jul 2018 08:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11903

Actions (login required)

View Item View Item