Pelaksanaan akad kafalah bil ujrah pada produk pembiayaan multijasa btn iB di PT Bank Tabungan Negara (BTN) KCPS Surapati Core Bandung

Marliananingsih, Sari (2018) Pelaksanaan akad kafalah bil ujrah pada produk pembiayaan multijasa btn iB di PT Bank Tabungan Negara (BTN) KCPS Surapati Core Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan multijasa BTN iB merupakan salah satu produk dari Bank BTN Syariah yang memberikan solusi bagi nasabah yang dapat digunakan untuk mendanai berbagai layanan jasa dengan menggunakan akad kafālah yang disertai dengan ujrah. Ujrah yang ditetapkan dalam pembiayaan multijasa harus sesuai dengan fatwa DSN No.44/DSN- MUI/VII/2004 tentang pembiayaan multijasa bahwasanya besar ujrah atau fee harus disepakati diawal akad dan dinyatakan dalam bentuk nominal bukan dalam bentuk prosentase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembiayaan multijasa BTN iB di Bank BTN KCPS Surapati Core Bandung. 2) Kebijakan bank dalam menentukan ujrah pada pembiayaan multijasa BTN iB Bank BTN KCPS Surapati Core Bandung. 3) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pembiayaan multijasa BTN iB Bank BTN KCPS Surapati Core Bandung kaitannta dengan fatwa fatwa DSN-MUI NO: 11/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Kafālah. Kafālah merupakan jaminan yang diberikan oleh penanggung (kafīl) kepada pihak ketiga (makfūl lah) untuk memenuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung (makfūl ‘anhu). Dalam fatwa Dewan Syari’ah Nasional No.44/DSN-MUI/VII/2004 tentang pembiayaan multijasa menyebutkan bahwasanya pembiayaan multijasa hukumnya boleh (jāiz) dengan menggunaka akad ijārah atau kafālah, dan apabila yang digunakan akad kafālah maka harus mengikuti semua ketentuan yang ada dalam fatwa kafālah. Dan dalam fatwa tersebut menyebutkan bahwasanya besar ujrah atau fee harus disepakati diawal akad dan dinyatakan dalam bentuk nominal bukan dalam bentuk prosentase. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan pelaksanaan pembiayaan multijasa BTN iB dengan jenis data kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bank BTN KCPS Surapati Core pada pelaksanaan pembiayaan multijasa BTN iB bertindak sebagai penjamin jasa layanan yang diselenggarakan oleh pihak ketiga untuk memenuhi kewajiban nasabah, atas manfaat tersebut nasabah harus membayar ujrah sesuai kesepakatan, 2) Konsep penetapan ujrah yang ditetapkan oleh Bank BTN KCPS Surapati Core berdasarkan Surat Edaran Direksi yang diterbitkan oleh kantor pusat Bank Tabungan Negara Syariah. Penetapan ujrah dalam pembiayaan multijasa BTN iB menggunakan metode penetapan ujrah dalam bentuk prosentase. 3) Dalam Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No.44/DSN-MUI/VII/2004 tentang pembiayaan multijasa yang menyebutkan bahwasanya besar ujrah atau fee harus disepakati diawal akad dan dinyatakan dalam bentuk nominal bukan dalam bentuk prosentase dan pada pelaksanaannya Bank BTN KCPS Surapati Core selain memberitahukan bentuk ujrah dalam prosentase bank pun melampirkannya dalam bentuk nominal agar terhindar dari gharar atau ketidakjelasan bagi nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kafalah; ujrah; multijasa;
Subjects: Econmics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Sari Marliananingsih ningsih
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:04
Last Modified: 30 Jul 2018 07:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12006

Actions (login required)

View Item View Item