Pola Perilaku Menyimpang Di Kalangan Remaja (Studi Deskriptif Terhadap Remaja Di Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya)

Subhan, Dede (2018) Pola Perilaku Menyimpang Di Kalangan Remaja (Studi Deskriptif Terhadap Remaja Di Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung102.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Dampak dari globalisasi telah mengakibatkan adanya perubahan-perubahan sosial yang serba cepat serta mempengaruhi etika, norma, nilai dan hukum dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu bentuknya adalah penyimpangan di kalangan remaja. Perubahan ini cenderung kepada perubahan pola perilaku yang menyimpang terutama penyimpangan di kalangan remaja desa sukaasih kecamatan singaparna kabupaten tasikmalaya, dimana masalah remaja sangat menarik untuk di teliti karena masa remaja itu disebut juga masanya peralihan dari anak-anak menuju ke dewasa baik secara akal, kejiwaan, dan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Bagaimana pola perilaku penyimpangan dikalangan remaja, 2). Bagaimana terjadinya penyimpangan pada remaja perokok di desa sukaasih kecamatan singaparna kabupaten tasikmalaya 3). Agar dapat ditemukan upaya untuk menanggulanginya serta cara untuk mengurangi penyimpangan dikalangan remaja agar remaja di desa sukaasih mendapatkan pembelajaran. Menurut (George Herbert Mead, Ritzer, 2011:294) dalam teori interaksi simbolik kehidupan sosial pada dasarnya adalah interaksi manusia yang menggunakan simbol-simbol, mereka tertarik pada cara manusia menggunakan simbol-simbol yang merepresentasikan apa yang mereka maksudkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Dan juga pengaruh yang ditimbulkan dari penafsiran simbol-simbol tersebut terhadap perilaku pihak-pihak terlihat dalam interaksi sosial. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan bahwa Ciri metode deskriptif adalah seperti memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang ada pada saat penelitian dilakukan atau masalah yang bersifat aktual, serta menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki sebagaimana adanya serta diiringi dengan interpretasi rasional yang tepat. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, serta dengan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian yang telah di lakukan, dapat diketahui bahwa yang menjadi pola perilaku merokok remaja yang cenderung menyimpang di desa sukaasih kecamatan singaparna diantaranya adanya penyelewengan uang SPP, dan berbohong dengan meminta uang untuk membeli LKS dan mereka mengambil untung dari harga normal LKS tersebut. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan remaja perokok yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor teman sebaya atau lingkungan pergaulan dan pengaruh dari media iklan, Adapun upaya keluarga dalam menanggulangi masalah remaja perokok yaitu dengan adanya sosialisasi, dan memberi pengarahan terhadap anak tentang bahayanya rokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Perilaku; Menyimpang; Remaja;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Social Process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dede Subhan Dede
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:36
Last Modified: 31 Jul 2018 03:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12026

Actions (login required)

View Item View Item