Tindakan Keluarga Buruh Tani dalam Melanjutkan Pendidikan Formal Anak:Studi Kasus di Desa Ancol Mekar Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung

Nuraini, Siska (2018) Tindakan Keluarga Buruh Tani dalam Melanjutkan Pendidikan Formal Anak:Studi Kasus di Desa Ancol Mekar Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (964kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan adanya stigma masyarakat yang masih kuat “nu penting mah bisa maca, nulis jeung ngitung” yang menyebabkan keluarga buruh tani mempunyai wawasan dan pengetahuan yang minim mengenai pentingnya pendidikan formal sehingga mereka mempunyai kebiasaan tidak melaksanakan dan melanjutkan pendidikan formal ke tingkat yang lebih tinggi pada anak-anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tindakan keluarga buruh tani dalam melanjutkan pendidikan formal anak di Desa Ancol Mekar. (2) Faktor yang mempengaruhi tindakan keluarga buruh tani dalam melanjutkan pendidikan formal anak di Desa Ancol Mekar Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Max Weber tentang tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang nyata yang kemudian diarahkan kepada orang lain. Weber membedakannya ke dalam empat tipe yaitu rasionalitas instrumental, rasionalitas yang berorientasi nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional.. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang merupakan jenis kualitatif untuk menyelidiki fenomena dalam konteks kehidupan nyata secara mendalam. Sumber data penelitian ini adalah keluarga buruh tani Desa Ancol Mekar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan-tindakan yang dilakukan keluarga buruh tani dalam melanjutkan pendidikan formal anak di Desa Ancol Mekar. Tindakan tersebut adalah (1) Tindakan rasionalitas instrumental yaitu tindakan keluarga buruh tani yang tidak menyekolahkan anaknya dengan tidak memperhitungkan kemungkinan keberhasilannya. Mereka berpikir bahwa resiko biaya yang dikeluarkan akan semakin besar jika mereka menyekolahkan anaknya ke tingkat yang lebih tinggi. (2) Tindakan yang berorientasi nilai yaitu tindakan yang dilakukan oleh keluarga buruh tani dengan menggabungkan nilai yang bersumber dari ajaran agama dalam pendidikan formal anaknya. (3) Tindakan afektif yaitu tindakan keluarga buruh tani yang didominasi oleh perasaan ketakutan mereka dalam pergaulan bebas di sekolah ketika ingin menyekolahkan anaknya ke tingkat yang lebih tinggi dan adanya perasaan kewalahan dalam membiayai pendidikan formal anaknya. (4) Tindakan tradisional, tindakan ini dilakukan keluarga buruh tani karena mempunyai kebiasaan untuk tidak melanjutkan pendidikan formal anaknya, mereka lebih mendukung dan menginginkan anak-anaknya untuk bekerja, merantau, membuat dan menjual gorden. Tindakan tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi tindakan keluarga buruh tani dalam melanjutkan pendidikan formal anaknya yaitu: faktor ekonomi, tingkat pendidikan keluarga, dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindakan; Keluarga Buruh Tani; Pendidikan Formal Anak
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: siska nuraini siska nuraini
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:28
Last Modified: 31 Jul 2018 03:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item View Item