Manajemen Zakat Produktif Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat : Studi Deskriptif di Rumah Zakat Jl. Turangga No. 33 Kota Bandung

Atqia, Muhamad Reza (2018) Manajemen Zakat Produktif Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat : Studi Deskriptif di Rumah Zakat Jl. Turangga No. 33 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Rumah Zakat merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat, yang memfokuskan pada manaajemen zakat secara lebih professional dengan menitik beratkan pada program Pendidikan,kesehatan,pembinanaan komunitas dan pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai program unggulan. Kehadiran Rumah Zakat ini sejatinya dapat menjadi agent social of change dimasyarakat, yang pada akhirnya dapat mencapai apa yang dicita-citakan bersama yaitu meningkatkan taraf kehudupan masyarkat. Pemberdayakan ekonomi masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat dari kondisi ekonomi kurang mampu menjadi mampu. Konsep pemberdayaan ekonomi masyarakat bertujuan untuk menemukan alternative-alternatif baru dalam meningkatkan taraf kesejateraan masyarakat. Konsep ini pada hakikatnya sebagai cara pengoptimalisasian sumber daya atau potensi yang ada di masyarakat. Perlu untuk diketahui bahwa dalam melakukan manajmen zakat produktif diharapkan dapat menunjang terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi yang mapan pada masyarakat islam khususnya dan masyarakat keseluruhan pada umumnya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen zakat produkti dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Rumah Zakat dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif, yang mana dalam melakukan penelitian ini, peneliti mencoba memaparkan dan menggambarkan kondisi objek penelitian berdasarkan fakta-fakat yang tampak atau sebagaimana adanya. Alasan dipilihnya metode ini adalah karena objek yang diteliti merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang ekonomi islam, dimana metode ini dipilih untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan lembaga Rumah Zakat dalam mensejahterakan ekonomi masyarakat.juga untuk menenmukan suatu model manajemen yang dilakukan oleh Rumah Zakat. Adapun yang dihasilkan dari penelitian ini, yakni aktivitas Rumah Zakat dalam melakukan manajemen zakat produktif, Rumah Zakat bergerak berdasrkan visi dan misi yang dimilikinya serta bergerak dengan senantiasa menjalankan kemitraan dengan berbagai pihak, baik pihak masyarakat maupun pihak pemerintah. Selain itu juga Rumah Zakat memiliki perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan zakat produktif yang baik untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat. Hal ini diberikan kepada pengusaha kecil dalam rangka mengembangkan usaha mereka supaya menjadi lebih produktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Zakat Produktif; Kesejahteraan Ekonomi
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Cecep Abdu Rohman
Date Deposited: 31 Jul 2018 04:03
Last Modified: 31 Jul 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12032

Actions (login required)

View Item View Item