Strategi Pondok Pesantren dalam Pengembangan Dakwah; Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Jl. Bayangkara No. 33 Kelurahan Gunungpuyuh Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi

Gojali, M (2018) Strategi Pondok Pesantren dalam Pengembangan Dakwah; Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Jl. Bayangkara No. 33 Kelurahan Gunungpuyuh Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTATR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren Syamsul’ulum dalam kiprah dakwahnya melalui berbagai bidang: pendidikan formal & lembaga dakwah informal. Salah satu devisi dakwahnya adalah majlis ta’lim as-sanusiyyah. Majlis ini dari waktu ke waktu menunjukan eksistensinya baik dalam kualitas dakwah maupun kuantitas jama’ahnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengevaluasian yang dilakukan majlis ta’lim as-sanusiyyah . Strategi pengembangan lembaga diantaranya dilakukan dengan penerapan manajemen. Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber sumber lainnya. Dalam penelitian ini diarahkan pada manajemen yang diadopsi dari manajemen modern dalam pelaksanaannya, dalam rangka memahami secara efektif dan efisien mengenai proses manajemen yang dilakukan di majlis ta’lim as-sanusiyyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa majlis ta’lim as-sanusiyyah dalam menerapkan pola manajemen sudah cukup berhasil melalui Perencanaan yang diterapkan. Dalam merealisasikan perncanaan program kegiatan majlis ta’lim melakukan beberapa tahapan; dimulai dari perumusan tujuan, manajemen administrasi keuangan, sumber dana, sumber daya manusia, kerjasama dengan lembaga lain, sarana prasarana pengidentifikasian program, kebijakan pengambilan keputusan, dan penentuan program mulai dari program mingguan, bulanan, dan tahunan. Pengorganisasian; yang dilakukan oleh majlis ta’lim as-sanusiyyah meliputi pembagian kerja pengurus adapun pembagian kerja di majlis ta’lim as-sanusiyyah untuk pembina, pengawas, sekretaris, dan bendahara masa jabatannya tidak ditentukan oleh waktu atau kondisional berdasarkan kesepakatan bersama. Pelaksanaan aktivitas keagamaan; majlis ta’lim as-sanusiyyah mempunyai beberapa tahapan yaitu pemberian motivasi, bimbingan, pelatihan, penyelenggaraan komunikasi, dan menjalin hubungan. Pengevaluasian; yang dilaksanakan oleh Majlis ta’lim as-sanusiyyah terbagi menjadi dua yaitu pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pondok Pesantren; Pengembangan Dakwah.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Cecep Abdu Rohman
Date Deposited: 31 Jul 2018 04:00
Last Modified: 31 Jul 2018 04:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item