Pengaruh dana perimbangan terhadap belanja modal di Kabupaten Sumedang pada Tahun 2007-2016

Afriyani, Ami (2018) Pengaruh dana perimbangan terhadap belanja modal di Kabupaten Sumedang pada Tahun 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Belanja Modal adalah salah satu belanja daerah secara langsung yang ditujukan untuk pengadaan aset tetap. Pemerintah pusat memberikan bantuan kepada setiap daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, termasuk pemerintahan Kabupaten Sumedang untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi yang bersumber dari APBN yang disebut dana perimbangan. Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini yaitu terjadi ketidak konsistenan realisasi penerimaan dana perimbangan sehingga mempengaruhi realisasi pengeluaran belanja modal pada badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD) Kabupaten Sumedang pada tahun 2007 hinga tahun 2016. Hal ini dibuktikan dengan realisasi dana perimbangan yang terus mengalami peningkatan, tetapi tidak diimbangi dengan belanja daerah yang mengalami fluktuatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui besarnya pengaruh parsial serta simultan dana bagi hasil, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus dalam dana perimbangan terhadap belanja daerah di Kabupaten Bandung pada tahun 2007-2016. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu dana perimbangan sebagai variabel X dan belanja modal sebagai variabel Y. Penulis menggunakan teori dana perimbangan dari Ahmad Yani (2008) yang terdiri dari dimensi-dimensi diantaranya dana bagi hasil, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus. Sedangkan untuk variabel belanja modal, penulis teori dari Baldric (2015). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan data kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi guna mendapatkan data sekunder yang dibutuhkan. Tekhnik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial variabel dana bagi hasil berpengaruh terhadap belanja modal karena thitung (-3,219) < ttabel (-2,4469) dengan taraf signifikansi 0,018 < 0.05 maka H0 ditolak, variabel dana alokasi umum secara parsial tidak berpengaruh terhadap belanja modal karena thitung (1,028) < ttabel (2,447) dengan taraf signifikansi 0,343 < 0.05 maka H0 diterima, dan variabel dana alokasi khusus secara parsial berpengaruh terhadap belanja daerah karena thitung (7,543) > ttabel (2,447) dengan taraf signifikan 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak. Secara simultan dapat disimpulkan bahwa dana bagi hasil, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus berpengaruh secara silmultan terhadap belanja modal karena Fhitung 31,264) > Ftabel (4,74) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0.05, maka H0 ditolak dengan presentase pengaruh variabel X (dana bagi hasil, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus) terhadap variabel Y belanja daerah sebesar 94 % sedangkan 6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dana Perimbangan; (Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus) dan Belanja Modal;
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Ami Afriyani
Date Deposited: 04 Sep 2018 08:00
Last Modified: 04 Sep 2018 08:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12068

Actions (login required)

View Item View Item