Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap net profit margin ( NPM) pada PT. Perusahaan ga negara Persero periode 2007-2016

Rudocha, Putri Peta (2018) Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap net profit margin ( NPM) pada PT. Perusahaan ga negara Persero periode 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar isi)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
4_bab1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Perputaran kas merupakan kemampuan kas dalam menghasilkan pendapatan sehingga dapat di lihat berapa kali uang kas berputar dalam satu periode, semakin tinggi perputaran kas akan semakin baik, karena ini berarti semakin tinggi efisiensi penggunaan kasnya dan keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Perputaran piutang merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa lama pengihan piutang selama satu periode atau berapa kali dana yang ditanam dalam piutang ini berputar dalam satu periode, Semakin tinggi tingkat perputaran piutang berarti semakin cepat dana yang di investasikan pada piutang dagang dapat ditagih menjadi uang tunai atau menunjukkan model kerja yang tertanam dalam piutang rendah. Sebaliknya jika tingkat perputaran piutang rendah berarti piutang dagang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat ditagih dalam bentuk uang tunai. Sehingga perputaran kas dan perputaran piutang memiliki kontribusi terhadap Net profit margin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perputaran kas terhadap net profit margin secara parsial, perputaran piutang terhadap net profit margin secara parsial serta pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap net profit margin secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berupa angka yang diperoleh dari laporan keuuangan PT. Gas Negara Persero yang telah dipublikasi. Teknik yang digunaka ialah analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi parsial dan simultan, analisis koefisien determinasi, uji t serta uji f. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa thitung < ttabel yaitu 0,572 < 2,306 dengan nilai signifikan 0,572% dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan antara Perputaran Kas terhadap Net Profit margin (NPM) secara parsial pada PT Gas Negara (Persero)Tbk. thitung > ttabel yaitu 4,694 > 2,306 dengan nilai signifikansi 4,694%. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Perputaran Piutang terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT Gas Negara (Persero)Tbk. F_hitung > F_tabel atau 9,673, > 4,74. Maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Net Profit Margin (NPM) secara simultan. Kata Kunci: Perputaran kas, Perputaran piutang, Net Profit Margin (NPM)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh perputaran kas; perputaran piutang; terhadap net profit margin ( NPM);
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Manufacturing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rudocha Putri
Date Deposited: 02 Aug 2018 10:03
Last Modified: 02 Aug 2018 10:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item