Jumlah aktiva produktif dan penyisihan penghapusan aktiva produktif terhadap total aktiva pada PT. BPRS Gotong Royong Subang

Dewantara, Aditiya (2018) Jumlah aktiva produktif dan penyisihan penghapusan aktiva produktif terhadap total aktiva pada PT. BPRS Gotong Royong Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Penilaian kualitas aktiva bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah, bahwa aktiva produktif adalah penanaman dana bank baik dalam rupiah maupun valuta asing untuk memperoleh penghasilan, dalam bentuk pembiayaan, surat berharga syariah, sertifikat bank indonesia syariah, penyertaan modal sementara, penempatan pada bank lain, komitmen dan kontinjensi pada transaksi rekening administratif dan bentuk penyediaan dana lainnya yang dapat dipersamakan dengan itu. Sedangkan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif adalah cadangan yang harus dibentuk sebesar presentase tertentu berdasarkan kualitas aktiva. Maka dari itu dilakukanlah penelitian menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Total Aktiva. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Jumlah Aktiva Produktif terhadap Total Aktiva dari tahun 2014 sampai dengan 2016; (2) Untuk mengetahui seberapa besar Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif terhadap Total Aktiva dari tahun 2014 sampai dengan 2016; (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Jumlah Aktiva Produktif dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif terhadap Total Aktiva dari tahun 2014 sampai dengan 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi PT. BPRS per-triwulan selama tiga tahun yakni 2014-2016. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi berganda, uji t, uji F, Korelasi Pearson Product Moment dan Koefisien determinasi. Hasil analisis diolah melalui SPSS For Windows Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Jumlah Aktiva Produktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Total Aktiva. Sedangkan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Total Aktiva. Adapun secara simultan Jumlah Aktiva Produktif dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif berpengaruh positif negatrif dan signifikan terhadap Total Aktiva. Penurunan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif diakibatkan penuruanan kinerja dari karyawan. Pihak bank menyikapi hal tersebut dengan cara meningkatkan kembali kinerja karyawan dalam bidang pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktiva Produktif; Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif; Total Aktiva
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Aditiya Dewantara
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 05:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12098

Actions (login required)

View Item View Item