Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik : Studi Kasus di SMA Negeri 2 Tasikmalaya JL. R.E. Martadinata No.261, Panyingkiran, Indihiang, Tasikmlaya, Jawa Barat

Pratama, Aditya Yudha (2018) Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik : Studi Kasus di SMA Negeri 2 Tasikmalaya JL. R.E. Martadinata No.261, Panyingkiran, Indihiang, Tasikmlaya, Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu meskipun penerapan disiplin telah berjalan di sekolah namun tetap saja terdapat sedikit kekurangan kekurangan seperti masih adanya siswa yang datang terlambat atau perilaku indisipliner lainya. Selain itu kegiatan Pramukapun diharapkan berjalan sesuai dengan visi dan misinya karena saat ini Pramuka mejadi ekstrakurikurer wajib yang harus di ikuti oleh peserta didik di setiap satuan pendidikan pertama atau mengah atas agar peserta didik menjadi pribadi yang sesuai dengan visi dan misi Gerakan Pramuka. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu teori konsep diri George Herbert Mead yang dapat dipahami dalam teori ini bahwa diri ini terbentuk atas pemaknaan orang lain terhadap individu yang lama lama kemudian menjadi identitas diri. Sedangkan teori struktural fungsional talcott parsons membahas mengenai Fungsi yang diartikan sebagai “kumpulan kegiatan yang ditujukan ke arah pemenuhan kebutuhan tertentu atau kebutuhan sistem” dengan berlandaskan pengertian ini Parsons yakin bahwa ada empat fungsi penting yang di perlukan semua sistem yaitu adaptation, goal attainment, integration, dan latency. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif adalah penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Sedangkan metode survei yaitu penggunaan instrumen penelitian seperti angket/kuesioner, untuk mengetahui informasi seputar sampel. Karena jumlah populasi cukup banyak yaitu sebesar 240 orang, maka peneliti menggunakan pendektan kuantitatif. Peneliti menggunakan rumus slovin degan error sebesar 5% untuk mengetahui jumlah sampel, maka di dapati yaitu 150 orang yang menjadi sampel yang mewakili anggota populasi. Hasil dari penelitian ini yaitu, diterimanya H1 dan ditolaknya H0, dalam hal ini berarti adanya Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Hal tersebut diketahui berdasarkan uji t, dimana thitung sebesar 4.736 >ttabel yaitu 1,976. Besarnya pengaruh Iklan Pada Media Massa Televisi terhadap Gaya Hidup Konsumtif yaitu sebesar 13,2%, hal tersebut diketahui dengan uji koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS for windows versi 20. Kedisiplinan peserta didik SMA Negeri 2 Tasikmalaya sudah berada dalam tingkat yang baik, kegiatan Pramuka hanyalah salah satu faktor penunjang agar setiap peserta didik tetap bisa menjaga serta meningkatkan kedisiplinan pada dirinya sendiri, semoga SMA Negeri 2 Tasikmalaya dapat tetap mempertahankan tingkat kedisiplinan peserta didiknya bahkan meningkatkannya ke tingkat yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pramuka; disiplin
Subjects: Social Process > Coordination and Control
Social Process > Social Control
Social Groups
Social Groups > Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: aditya yudha pratama
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:33
Last Modified: 14 Aug 2018 03:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12133

Actions (login required)

View Item View Item