Pengaruh keberadaan Ojek Online (Go-jek) terhadap peningkatan ekonomi: penelitian pada Komunitas Go-jek Aliansi Sadulur Sukabumi

Ramadhestiani, Febiriyanti (2018) Pengaruh keberadaan Ojek Online (Go-jek) terhadap peningkatan ekonomi: penelitian pada Komunitas Go-jek Aliansi Sadulur Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang dari keberadaan ojek online (Go-jek) di Kota Sukabumi. Hal tersebut dianggap mengakibatkan perubahan dalam berbagai bidang, diantaranya sosial dan ekonomi. Sehingga,penelitian ini akan membahas bagaimana pengaruh keberadaan ojek online (Go-jek) terhadap peningkatan ekonomi. Penelitian dilakukan di Komunitas Go-jek Aliansi Sadulur Sukabumi (GASS). Subjek penelitian ini adalah driver Go-jek yang merupakan anggota komunitas GASS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang di timbulkan keberadaan ojek online khususnya Go-jek terhadap peningkatan ekonomi para driver yang ada di dalam komunitas Go-jek Aliansi Sadulur Sukabumi. Dalam teori yang dinyatakan oleh Max Weber (1864-1920) bahwa tindakan sosial merupakan semua tindakan manusia yang berkaitan dengan sejauhmana individu yang bertindak itu memberinya suatu makna subyektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Sehingga tipe tindakan dalam penelitian ini yaitu tindakan rasionalitas intrumental dan tindakan rasionalitas nilai, dan tindakan tradisional. Penelitian ini menggunakan mixed method (metode campuran) gabungan antara metode kuantitatif yang didukung oleh metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer di peroleh dari lapangan, baik dari hasil observasi, menyebar kuisioner atau angket pada responden, maupun wawancara dengan informan yang diambil dari pihak-pihak terkait. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh keberadaan ojek online (Go-jek) terhadap peningkatan ekonomi pada anggota komunitas Go-jek Aliansi Sadulur Sukabumi mengalami pengaruh positif yang signifikansi dengan tingkatan yang kuat yaitu sebesar 49,8 % berdasarkan hasil uji kolerasi determinasi yang di dapat mengunakan perhitungan SPSS versi 20. Pengaruh keberadaan ojek online (Go-jek) terhadap peningkatan ekonomi anggota komunitas Go-jek Aliansi Sadulur Sukabumi mendapat hasil yang membuktikan saling keterkaitan dan saling mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keberadaan Ojek Online;Go-jek; Peningkatan Ekonomi
Subjects: Econmics
Administration of Economy > Departments of Transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Febiriyanti Ramadhestiani
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:19
Last Modified: 13 Aug 2018 04:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12166

Actions (login required)

View Item View Item