Pengaruh Pendekatan Socioscientific Issue (SSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan: Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Cibalong Kab.Tasikmalaya

Dewi, Vera Novia (2016) Pengaruh Pendekatan Socioscientific Issue (SSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan: Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Cibalong Kab.Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar serta rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang seharusnya dapat dikembangkan. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah pendekatan Socioscientific Issue (SSI). Pendekatan SSI adalah pembelajaran yang menampilkan isu-isu social kontroversial yang berkaitan dengan sains. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan socioscientific issue (SSI) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tiga kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sebanyak 30 siswa dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes (essay dan pilihan ganda), lembar observasi, dan angket. Analisis penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 83,4 dengan kategori baik dan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Pada kelas kontrol sebesar 62 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,39 dengan kategori sedang. Hasil uji t data posttest menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,83 > 2,00 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan uji t data N-Gain menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,53 > 2,00 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian bahwa pendekatan SSI berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan. Nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 91,22% (sangat baik), dan nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 89% (sangat baik), serta rata-rata respon siswa terhadap pendekatan SSI 82,22 (sangat kuat).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Socioscientific Issue; pemecahan masalah; pencemaran lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:28
Last Modified: 18 Aug 2018 04:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item