Pengaruh implementasi kebijakan absensi pengenalan wajah (Face Recognition) terhadap disiplin kerja pegawai di bagian organisasi dan pemberdayaan aparatur daerah sekretariat daerah Kota Bandung

Kurniawan, Putra (2018) Pengaruh implementasi kebijakan absensi pengenalan wajah (Face Recognition) terhadap disiplin kerja pegawai di bagian organisasi dan pemberdayaan aparatur daerah sekretariat daerah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah kesanggupan Pegawai Negeri Sipil untuk mentaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin. Akan tetapi kenyataannya masih adanya Pegawai Negeri Sipil yang kurang disiplin salah satunya di Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Sekretariat Daerah Kota Bandung. Hal ini ditandai dengan masih kurangnya optimalnya kehadiran pegawai, seperti datang terlambat dan pulang cepat sebelum waktunya, masih adanya pegawai yang melanggar ketentuan peraturan yang berlaku, dan masih kurang optimalnya pemanfaatan seluruh jam kerja secara produktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan absensi pengenalan wajah (face recognition), disiplin kerja pegawai di Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Sekretariat Daerah Kota Bandung dan seberapa besar pengaruh implementasi kebijakan absensi pengenalan wajah (face recognition) terhadap disiplin kerja di Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Sekretariat Daerah Kota Bandung. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu teori implementasi kebijakan sebagai variabel Independen (X) dan teori disiplin kerja pegawai sebagai variabel dependen (Y). Peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan dari George C. Edward III dalam Leo Agustino (2014:149) yang terdiri dari empat dimensi, yaitu : komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Sedangkan untuk variabel disiplin kerja pegawai, peneliti menggunakan teori dari Veitzhal Rivai (2013:823-825) yang terdiri dari dua dimensi, yaitu : frekuensi kehadiran dan ketaatan pada peraturan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi dan kuesioner yang disebar kepada 22 responden dengan menggunakan sampling jenuh. Kemudian dalam menganalisa data, peneliti menggunakan skala Likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji t dan uji koefesien determinasi menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penilitian menunjukkan bahwa nilai koefesien determinasi yang telah dihitung sebesar 54,1% masuk dalam kriteria pengaruh yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang tinggi dari Implementasi Kebijakan Absensi Pengenalan Wajah (Face Recognition) terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Sekretariat Daerah Kota Bandung. Hal ini menunjukkan implementasi kebijakan absensi pengenalan wajah (face recognition) memiliki peran cukup penting dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai. Sedangkan sisanya 45,9% dipengaruhi atau dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Absensi Pengenalan Wajah (Face Recognition); Disiplin Kerja Pegawai
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Putra Kurniawan
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:04
Last Modified: 15 Aug 2018 07:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12231

Actions (login required)

View Item View Item