Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Pada PT Mandom Indonesia Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2007-2016

Agustiani, Anisa (2018) Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Pada PT Mandom Indonesia Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan didirikan dengan tujuan untuk mengoptimalkan nilai perusahaan dan meminimumkan biaya modal perusahaan serta meningkatkan kemakmuran pemegang saham atau pemilik perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan adalah profitabilitas dan kebijakan dividen. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui pengaruh Profitabilitas (X1) terhadap Nilai Perusahaan (Y) pada PT Mandom Indonesia Tbk, pengaruh Kebijakan Dividen (X2) terhadap Nilai Perusahaan (Y) pada PT Mandom Indonesia Tbk dan pengaruh Profitabilitas (X1) dan Kebijakan Dividen (X2) terhadap Nilai Perusahaan (Y) pada PT Mandom Indonesia Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada didapatkan 10 tahun periode. Jenis data yang digunakan adalah jenis data time series dari tahun 2007 sampai 2016. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, tetapi sebelumnya dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu. Hasil uji t menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,982 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kebijakan Dividen memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,009 dan nilai signifikansi sebesar 0,929 sehingga Kebijakan Dividen tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel Profitabilitas dan Kebijakan Dividen secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan ditunjukkan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Kemampuan prediktif dari kedua variabel independen (Profitabilitas dan Kebijakan Dividen) adalah 59,7% dan sisanya 40,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas;Kebijakan Dividen;Nilai Perusahaan
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Anisa Agustiani
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:18
Last Modified: 07 Aug 2018 06:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12253

Actions (login required)

View Item View Item