Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup (Penelitian di kelas VII SMPN 3 Situraja Sumedang Tahun Ajaran 2012/2013)

Rizky Mohamad Wardani, Rizky (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup (Penelitian di kelas VII SMPN 3 Situraja Sumedang Tahun Ajaran 2012/2013). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa guru harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi, maka guru dalam pembelajaran materi keanekaragaman makhluk hidup menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kebiasaan guru menggunakan ceramah dalam mengajar memberikan kesan monoton dalam pembelajaran di kelas, hal tersebut berdampak terhadap hasil belajar siswa, dikarenakan anak didik cenderung pasif dan ada kemungkinan kurang tepat dalam mengambil kesimpulan berhubung guru dalam menyampaikan bahan pelajaran dengan lisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup juga untuk mengetahui Motivasi belajar siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian experimental dengan menggunakan desain penelitian “Pretest-posttest Control Group Design”. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VII SMP N 3 Situraja Sumedang. Sampel yang diambil 2 kelas, yaitu kelas VII A dan VII C. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan angket motivasi. Data hasil tes dihitung menggunakan perhitungan statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji wilcoxon). Sedangkan untuk data angket motivasi dihitung menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 70,17 dengan kategori baik dengan peningkatan hasil belajar sedang (N-Gain 0,45). Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest sebesar 53,33 dengan kategori cukup dengan peningkatan hasil belajar rendah (N-Gain 0,18) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji wilcoxon pada data posstest menunjukkan Zhit4,32>Ztab1,65. Sejalan dengan itu Hasil uji wilcoxon pada N-Gain menunjukkan Zhit4,43>Ztab1,65. Hasil perhitungan angket motivasi menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 3,18 dengan kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 2,11 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,Hasil Belajar, Siswa,Keanekaragaman Makhluk Hidup
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 21 Apr 2016 07:01
Last Modified: 10 May 2016 02:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item