Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV MI Al-Furqon Kabupaten Sumedang)

Wartini, Ii (2018) Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV MI Al-Furqon Kabupaten Sumedang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya temuan yang terdapat pada mata pelajaran matematika di kelas IV MI Al-Furqon Kabupaten Sumedang, bahwa hasil pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher center) dan tidak berpusat pada siswa (student center), guru jarang menggunakan alat peraga atau media pelajaran matematika, serta tidak terbiasa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajarannya bersifat monoton dan kurang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga pemahaman belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Pemahaman siswa sebelum menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran matematika di kelas IV. 2) Penerapan metode problem solving pada mata pelajaran matematika di kelas IV pada setiap siklus. 3) Pemahaman siswa setelah menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran matematika di kelas IV. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pemahaman belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya penerapan metode yang tepat, termasuk metode problem solving. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode problem solving diduga dapat meningkatkan pemahaman siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Desain penelitian terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik dan data kualitatif menggunakan pendekatan logika. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) Pemahaman belajar siswa sebelum menggunakan metode problem solving masih rendah dengan nilai rata-rata 66,5 dan ketuntasan belajar klasikalnya hanya mencapai 45,40%. 2) Penerapan metode problem solving dalam pelaksanaannya berjalan baik sesuai dengan tahapan. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 69,45% dengan kategori sedang. Kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 85,25% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 64,80% dengan kategori sedang. Kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 81,30% dengan kategori baik. 3) Pemahaman belajar siswa setelah diterapkannya metode problem solving mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai rata-rata 77,70 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 68,10%. Kemudian meningkat pada siklus 2 nilai rata-rata 87,10 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90,90%. Dengan demikian, PTK yang dilaksanakan telah selesai sesuai dengan tujuan yang diharapkan yakni metode problem solving mampu meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Madrasah Ibtidaiyah; Metode Problem Solving; Matematika; Pecahan; Pemahaman.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Elementary School
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ii Wartini
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:56
Last Modified: 25 Sep 2018 06:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item View Item