Penerapan Fungsi Manajemen Pesantren dalam Proses Rekruitmen Santri: Penelitian di Pondok Pesantren Darul Inayah Cisarua Lembang Bandung Barat

Suminar, Suminar (2018) Penerapan Fungsi Manajemen Pesantren dalam Proses Rekruitmen Santri: Penelitian di Pondok Pesantren Darul Inayah Cisarua Lembang Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren Darul Inayah yang berlokasi di Jalan Cipeusing Rt 04 Rw 04 Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat merupakan pondok pesantren khalafi yang memiliki program pendidikan gratis dari mulai TK/RA, Mts, MA dan Perguruan Tinggi (PT). Pesantren ini dikhususkan untuk anak yatim, piatu dan dhuafa. Tentunya pesantren sendiri dalam melakukan rekruitmen santri menggunakan manajemen yang baik agar tidak terjadi kesalahan arah dalam memilih calon santri. Penerapan manajemen yang baik akan menghasilkan santri yang berkualitas dan membangun kemajuan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan manajemen yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Darul Inayah dalam proses rekruitmen santri yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian serta faktor pendukung dan penghambat yang dilakukan di Pondok Pesantren Darul Inayah. Landasan teori yang digunakan itu mengacu pada teori G.R. Terry yang mengungkapkan kegiatan dalam manajemen meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Karena pada dasarnya dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen yang baik dalam proses rekruitmen santri akan menjadi faktor pendukung keberhasilan kegiatan rekruitmen santri di pondok pesantren Darul Inayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, analisis data dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan fungsi manajemen pesantren Darul Inayah dalam proses rekruitmen santri sudah cukup berhasil, melalui perencanaan yang meliputi konsep dan strategi yang matang, memiliki tujuan jelas yang akan dicapai, serta jelasnya program kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan rekruitmen. Pengorganisasian yang dilakukan meliputi pembagian divisi/kelompok, pembagian tugas dan pengelompokan kerja pada masing-masing panitia. Pengarahan yang dilakukan meliputi pemberian motivasi, pelatihan dan pengarahan kepada semua panitia. Pengawasan yang dilakukan meliputi pengawasan langsung ke lapangan yang dilakukan oleh para pengurus/ustadz dan pengawasan tidak langsung yang dilakukan dalam bentuk rapat evaluasi semua panitia rekruitmen santri. Faktor penunjangnya adalah adanya kerja sama tim yang bagus diantara para panitia, sedangkan faktor penghambatnya adalah dua kegiatan yang dilakukan secara bersamaan sehingga dinilai kurang kondusif. Adapun hasil dari pelaksanaan manajemen rekruitmen santri ini adalah memberikan peluang bagi anak yatim, piatu dan dhuafa untuk menempuh pendidikan keagamaan di pesantren dengan gratis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pesantren; Rekruitmen; Santri
Subjects: General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Suminar Umi Suminar
Date Deposited: 10 Aug 2018 09:30
Last Modified: 10 Aug 2018 09:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12399

Actions (login required)

View Item View Item