Pengaruh Suku Bunga, Kurs Rupiah dan Inflasi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG): Studi Pada Bursa Efek Indonesia periode 2007-2016

Hadiyanti, Tini (2018) Pengaruh Suku Bunga, Kurs Rupiah dan Inflasi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG): Studi Pada Bursa Efek Indonesia periode 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu instrumen ekonomi yang saat ini mengalami perkembangan sangat pesat. Salah satu ukuran kinerja dari pasar modal adalah indeks harga saham gabungan. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah gambaran suatu nilai yang dapat digunakan sebagai pengukuran kinerja suatu saham gabungan yang terdapat di bursa efek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel – variabel makroekonomi yang diwakili dengan tingkat Suku Bunga Bank Indonesia, Kurs Rupiah (nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar) dan Inflasi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada periode 2007 – 2016. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi investors yang ingin berinvestasi pada pasar modal terutama Indeks Harga Saham Gabungan. Dalam Suramaya Suci Kewal (2012) menyatakan seorang investor harus mempertimbangkan beberapa indikator makroekonomi yang bisa membantu investor dalam membuat keputusan investasinya. Indikator makroekonomi yang seringkali dihubungkan dengan pasar modal adalah fluktuasi tingkat suku bunga, kurs rupiah, inflasi, dan pertumbuhan PDB. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verfikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data time series dengan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan analisis regresi linier berganda dan uji asumi klasik. Adapun hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t dan uji f dengan alat yang digunakan adalah program komputer SPSS Versi 20 For Windows. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulanan dari bulan Januari 2007 sampai bulan Desember 2016. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Suku Bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IHSG hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi Suku Bunga sebesar -224.648 dengan nilai signifikansi sebesar 0.014, sehingga hipotesis pertama diterima. Kurs Rupiah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IHSG hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi Kurs Rupiah sebesar -0.178 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, sehingga hipotesis kedua diterima. Inflasi tidak berpengaruh terhadap IHSG hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi Inflasi sebesar -25.959 dengan nilai signifikansi sebesar 0.333, sehingga hipotesis ketiga ditolak. Secara simultan Suku Bunga, Kurs Rupiah, dan Inflasi terdapat pengaruh dan signifikan terhadap IHSG hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 9.169 dengan nilai signifikansi 0.000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Suku Bunga; Kurs Rupiah; Inflasi; Indeks Harga Saham Gabungan
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tini Hadiyanti
Date Deposited: 09 Aug 2018 09:15
Last Modified: 09 Aug 2018 09:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item