Sikap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler IRMAS dan hubungannya dengan kemampuan mereka membaca al-Quran: Penelitian di SMP Laboratorium Kampus UPI Cibiru

Adawiyah, Neneng Robiatul (2018) Sikap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler IRMAS dan hubungannya dengan kemampuan mereka membaca al-Quran: Penelitian di SMP Laboratorium Kampus UPI Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMP Laboratorium Kampus UPI Cibiru, yaitu masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca al-Quran atau bahkan ada yang belum bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar, membacanya yang kurang lancar, makharijul huruf dan kaidahkaidah tajwid yang kurang memahami. Di sisi lain, ketika sebelum KBM dimulai mereka rata-rata dalam membaca al-Quran nya kurang baik, dalam melafalkan huruf hijaiyyah, makhorijul huruf, beserta kaidah-kaidah tajwid. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler IRMAS dapat membantu dan mengembangkan siswa agar memahami dan mampu membaca dalam pelafalan alQuran yang baik dan benar. Sehingga siswa mampu membacanya dengan memahami makhorijul huruf beserta kaidah-kaidah tajwidnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas sikap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler IRMAS, realitas kemampuan mereka membaca al-Quran, dan realitas hubungan antara sikap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuker IRMAS dengan kemampuan mereka membaca al-Quran. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa kemampuan mereka membaca al-Quran dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler IRMAS. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif sikap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler IRMAS, maka semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam membaca al-Quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi, yakni suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan studi pustaka. Kemudian analisis datanya dibagi kedalam dua pendekatan, yaitu analisis korelasi dengan Rank Spearman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan. (1) Sikap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler IRMAS (variabel X) diperoleh hasil 3,59, nilai tersebut termasuk kualifikasi tinggi karena berada pada rentang 3,40-4,19. (2) Kemampuan mereka membaca al-Quran (Y) diperoleh hasil 4,12, nilai tersebut termasuk kualifikasi tinggi karena berada pada rentang 3,40-4,19. (3) Realitas antara sikap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler IRMAS dan hubungannya dengan kemampuan mereka membaca al-Quran ditunjukkan oleh angka koefisien 0,82 yang berada pada interval 0,81-1,00 termasuk ke dalam korelasi sangat tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu th (8,26) > tt (1,692) dengan taraf signifikan 5%, artinya hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap; Kegiatan Eksttrakurikuler IRMAS; Kemampuan Membaca al-Quran
Subjects: Psychology
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neneng Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:07
Last Modified: 06 May 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12461

Actions (login required)

View Item View Item