Tinjauan Yuridis Klausula Penolakan Pelayanan Terhadap Konsumen Pt Raflesia Tv Cable Dihubungkan Dengan Ketentuan Pasal 4 Huruf D Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Zamzami, Fauzi (2018) Tinjauan Yuridis Klausula Penolakan Pelayanan Terhadap Konsumen Pt Raflesia Tv Cable Dihubungkan Dengan Ketentuan Pasal 4 Huruf D Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang klausula penolakan pelayanan terhadap konsumen PT Raflesia TV Cable menurut Pasal 4 huruf (D) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang mengatur mengenai hak untuk didengar pendapat dan keluhannnya atas barang dan jasa yang digunakan. Dalam kenyataanya pelaku usaha masih menolak pengaduan atau keluhan dari konsumen PT Raflesia TV Cable yang bertentangan dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketentuan klausula penolakan Hak Raflesia TV Cable tentang penolakan pengaduan konsumen dihubungkan dengan Pasal 4 huruf d Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Pelindungan Konsumen, dan mengetahui bagaimana akibat hukum klausula Hak Raflesia TV Cable tentang penolakan pengaduan konsumen dihubungkan dengan Pasal 4 huruf d Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Pelindungan Konsumen. Penelitian ini berdasarkan dari pemikiran bahwa peranan pelaku usaha dalam membuat klausula baku dalam pelaksaan usaha jasa PT Raflesia TV Cable tidak sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keadilan, perjanjian, perikatan dan klausula baku. Penelitian ini dilakukan dengan metode spesifikasi penelitian deskriptif analisis dan metode pendekatan yuridis normatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik studi kepustakaan dan wawancara. Selanjutnya dianalisis secara normatif kualitatif . Penelitian ini dilakukan di PT Raflesia TV Cable Kabupaten Ciamais. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa. Pertama ketentuan dari klausula baku PT Raflesia TV Cable tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen mengenai hak konsumen bahwa hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan atau jasa yang digunakan. Dalam kenyataanya pihak pelaku usaha yaitu PT Raflesia TV Cable masih menolak permintaan/keluhan dari konsumen yang telah memenuhi administrative dan tidak memiliki masalah teknis dari pihak konsumen, seharusnya penolakan yang dilakuakan pihak PT Raflesia TV Cable yaitu konsumen yang melakukan permintaan/ keluhan tetapi memiliki masalah administrative dan teknis. Kedua akibat Hukum Klausula baku yang ada pada PT Raflesia TV Cable di Kab.Ciamis antara pihak pelaku usaha PT Raflesia TV Cable dengan konsumen bila dilihat dari segi ekonomi dapat merugikan konsumen dan dari segi hukum adalah batal demi hukum. Hal ini dikarenakan klausula baku yang dibuat oleh pihak pelaku usaha PT Raflesia TV Cable pada poin nomor 5 huruf C ada ketidaksesuaian dengan pasal 1320 KUHPerdata mengenai syarat sah perjanjian terhadap klausa suatu hal tertentu, karena syarat objektif ini mengenai perjanjiannya sendiri oleh objek dari perbuatan hukum yang dilakukan itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Raflesia TV Cable
Subjects: Civil Rights > Citizen Participation
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Fauzi Zamzami
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:28
Last Modified: 10 Aug 2018 02:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item View Item