Analisis feminisme terhadap keluarga wanita karier: Studi lapangan Desa/Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Zain, Desi Mudrikah (2018) Analisis feminisme terhadap keluarga wanita karier: Studi lapangan Desa/Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy

Abstract

Desi Mudrikah Zain: Analisis Feminisme Terhadap Keluarga Wanita Karir (Studi Lapangan di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung) Keluarga merupakan suatu lembaga sosial dasar dimana semua lembaga atau pranata sosial lainnya berkembang. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan orang yang terkumpul serta tinggal disuatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan yang didalamnya terdapat interaksi hubungan sosial antar keluarga (Suami, Istri, dan anak-anak). Wanita karir adalah seorang wanita yang memilih untuk bekerja dengan memasuki kematangan pada usianya. Dengan bekerja sebagai tujuannya untuk memenuhi kebutuhan secara pribadi bahkan kebutuhan keluarga, dengan cara mencari kepuasan ekonomi tersendiri. Beranjak dari kebutuhan wanita masa kini untuk tampil sebagai mitra sejajar dengan kaum pria, mereka tampil sebagai pribadi mandiri untuk berperan aktif dengan mengedepankan gaya hidup mengikuti perkembangan zaman. Mereka memliki pandangan luas, percaya diri, apontan, dan praktis yang menjadikan kepribadian mereja akrab dengan nuansa global. Namun, peran “Tradisional” mereka sebagai Ibu Rumah Tangga diakui masih tetap melekat erat mengiringi perkembangan eksistensi mereka. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apa yang melatar belakangi Ibu Rumah Tangga bekerja, dan bagaimana peran Ibu yang Bekerja (Wanita karir) dalam Keluarga serta Pandangan suami dalam menjalani peran tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Feminisme. Sebagaimana feminisme ini mengedepankan emansipasi perempuan, gerakan untuk menghapuskan penindasan dan perbudakan terhadap perempuan, serta memperjuangkan hak-hak bagi perempuan sehingga menjadi setara dengan laki-laki dalam hak pendidikan, bekerja dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis pengumpulan data dengan dilakukan secara langsung dengan wawancara dan observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif-analisis.. Sehingga teknik pengumpulan data bersifat primer. Sedangkan untuk data yang bersifat sekunder adalah berupa buku-buku, artikel, junral dan data-data lain yang berhubungan dengan tema penelitian. Hasil penelitian dari ketiga Narasumber bahwa sesungguhnya keputusan untuk menjadi Ibu Rumah Tangga yang memilih untuk bekerja dan menjadi seorang Wanita Karir adalah karena mempunyai keinginan untuk membina karir yang dimiliki. Selain itu, mereka ingin mengaktualisasikan pendidikan tinggi dan kemampuan atau potensi yang dimiliki dengan cara bekerja. Bekerja bukan hanya karena kebutuhan ekonomi yang semakin tinggi tetapi karena adanya dorongan dan dukungan dari orang-orang yang ada disekitar untuk terus mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki didalam diri wanita karir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: feminisme; perempuan; keluarga; sosial.
Subjects: Theory of Philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Desi Mudrikah Zain
Date Deposited: 10 Jul 2019 06:35
Last Modified: 10 Jul 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12481

Actions (login required)

View Item View Item