Proses bimbingan pra nikah anggota TNI-AD untuk menuju keluarga Sakinah di Pembinaan Rohani Islam (BINROHIS) Kodam III Siliwangi

Triyani, Elma (2013) Proses bimbingan pra nikah anggota TNI-AD untuk menuju keluarga Sakinah di Pembinaan Rohani Islam (BINROHIS) Kodam III Siliwangi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Pembinaan Mental atau Bintal sebagai salah satu fungsi khusus TNI-AD dalam pelaksanaan tugasnya mengemban fungsi Bintal Rohani, Bintal Ideologi dan Bintal Kejuangan. Dalam pelaksanaan Bintal Rohani, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Perawatan Rohani dengan menyelenggarakan Pelayanan Nikah dalam rangka membentuk dan memelihara keharmonisan dan kebahagiaan hidup anggota TNI-AD dan keluarganya dalam mendukung Tugas Pokok Satuan. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui Kondisi dan Pemahaman anggota TNI-AD dalam Proses Bimbingan Pra Nikah untuk Menuju Keluarga Sakinah serta mengetahui Proses Bimbingan Pra Nikah anggota TNI-AD untuk Menuju Keluarga Sakinah. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa Pelaksanaan kegiatan nikah di lingkungan TNI-AD pada dasarnya merupakan tindakan yang berlanjut serta saling berhubungan antar berbagai institusi yang berperan di dalamnya, baik anggota TNI-AD dan keluarganya maupun kesatuannya. Selain itu dalam penyelenggaraan nikah sering terjadi ketidaklancaran dan ditemukan pelaksanaan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku di lingkungan TNI-AD. Agar penyelenggaraan nikah dapat dilaksanakan secara terarah, sistematis dan dapat memperoleh hasil yang optimal, maka diperlukan adanya Bimbingan Pra Nikah kepada anggota TNI-AD untuk Menuju Keluarga Sakinah. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan data kualitatif yang berupa buku-buku atau wawancara langsung dengan pihak yang terkait. Selain itu data kualitatif diperoleh dengan pengamatan atau observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian ini, data yang dapat ditarik simpulan bahwa Proses Bimbingan Pra Nikah Anggota TNI-AD untuk Menuju Keluarga Sakinah di Binrohis Kodam III Siliwangi dapat menjalankan perannya sebagai pembimbing dan penasehat perkawinan. Sedangkan hasil-hasil yang dicapai adalah kondisi dan pemahaman anggota TNI-AD dalam Proses Bimbingan Pra Nikah untuk Menuju Keluarga Sakinah melalui beberapa langkah diantaranya: pengorganisasiaan proses bimbingan pra nikah anggota TNI-AD di Tingkat Satuan, Tingkat Kotama dan Tingkat Pusat dan proses bimbingan pra nikah anggota TNI-AD di Binrohis Kodam III Siliwangi terbagi menjadi dua proses, yaitu: bimbingan tertulis dan bimbingan lisan. Sehingga memberikan hasil yang cukup untuk kondisi, pengetahuan dan pemahaman anggota TNI-AD tentang keluarga sakinah serta bisa diterapkan di dalam keluarganya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan pra-nikah; binrohis;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:20
Last Modified: 11 Jul 2019 03:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item