Penerapan Metode Scramble untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Menghafal Al-Qur'an pada Mata Pelajaran PPAI (Penelitian TIndakan Kelas pada Siswa kelas X Animasi SMK Bakti Nusantara 666 Bandung)

Zannah, Atu Raodotul (2018) Penerapan Metode Scramble untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Menghafal Al-Qur'an pada Mata Pelajaran PPAI (Penelitian TIndakan Kelas pada Siswa kelas X Animasi SMK Bakti Nusantara 666 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan latarbelakang penelitian yang dilakukan di SMK Bakti Nusantara 666 bandung peneliti menemukan permasalahan di kelas X Animasi SMK Bakti Nusantara 666 Bandung dalam hal motivasi menghafal Al-Qur’an. Yaitu kurangnya motivasi siswa siswi dalam proses penghafalan Al-Qur’an pada mata pelajaran PPAI dalam bidang penghafalan Al-Qur’an. Hal tersebut disebabkan adanya faktor tertentu yang menghambat proses pembelajarannya yaitu kurang tepatnya penggunaan metode yang digunakan guru sehingga siswa siswa merasa jenuh dan kurang tertarik untuk menghafal Al-Qur’an. Hal itu terbukti dengan masih banyaknya siswa dan siswa yang mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka sangat perlu adanya metode untuk penghafalan Al-Qur’an yang dapat meningkatkan motivasi siswa siswi dalam menghafal Al-Qur’an, diantaranya adalah dengan menggukana metode scramble Tujuan diterapkannya metode pembelajaran adalah: 1) Untuk mengetahui sampai dimana motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an sebelum menerapkan metode scramble, 2) untuk mengetahui proses penghafalan Al-Qur’an dengan menggunakan metode scramble 3) untuk mengetahui motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an setelah diterapkannya metode scramble pada siswa siswi kelas X Animasi SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksankan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus ada 2 pertemuan dengan jumlah pertemuan keseluruhan adalah 4 kali pertemuan di tambah satu kali untuk penelitian pra siklus. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, peroleh hasil sebagai berikut: 1) motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an sebelum menerapkan metode scramble berada di kategori cukup dengan persentase 74,44%. 2) Proses penghafalan Al-Qur’an dengan menggunakan metode scramble dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, siklus I pertemuan pertama kategori kurang dengan persentase aktivitas guru 58,83% dan siswa dengan 64,71% (cukup). Siklus 1 pertemuan kedua aktivitas guru dengan persentese 70,59% (cukup), siswa dengan 70,59% (cukup). Siklus II pertemuan pertama aktivitas guru 82,36% (kategori baik), aktivitas siswa dengan 82,36% (Baik). Siklus II pertemuan kedua aktivitas guru 100% (sangat baik), aktivitas siswa 100% (sangat baik). 3) motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an sete;ah diterapkannya metode scramble meningkat , berdasarkan hasil angket yang telah diisi oleh siswa siklus I dengan presentase 83,4% (Baik), dan terjadi peningkatan yang lebih tinggi pada siklus II dengan persentase 88,26% (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Metode; Menghafal Al-Qur'an
Subjects: Knowledge
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atu Raodotul Zannah
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:28
Last Modified: 10 Aug 2018 07:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

View Item View Item