Minat peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI: analisis Multiple Intelligence Research di SMP Plus KP 2 Paseh

Ramdhani, Willy Fratama (2018) Minat peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI: analisis Multiple Intelligence Research di SMP Plus KP 2 Paseh. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Tidak sedikit dari peserta didik yang kurang menaruh minatnya terhadap pembelajaran PAI. Terlihat dari kurangnya kemauan, perhatian dan ketekunan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran PAI. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya yaitu anggapan bahwa materi pembelajaran PAI bukan suatu mata pelajaran yang termasuk kedalam Ujian Nasional (UN). Maka guru PAI harus mencari cara untuk mengetahui minat peserta didik dalam pembelajaran yang diajarkannya. Salah satu solusinya dengan mengetahui kecenderungan kecerdasan peserta didik menggunakan analisis Multiple Intelligence Research, yang kemudian menjadi bahan penelitian penulis pada peserta didik kelas VII di SMP Plus KP 2 Paseh Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui minat peserta terhadap pembelajaran PAI sebelum di terapkan analisis Multiple Intelligences Research (2) Mengetahui proses pelaksanaan analisis Multiple Intelligences Research terhadap minat peserta didik pada pembelajaran (3) Mengetahui Hasil analisis Multiple Intelligences Research terhadap minat peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pentingnya minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran PAI. Minat yang dimiliki peserta didik ini, dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa itu sendiri dalam bidang-bidang studi tertentu. MIR adalah suatu riset psikologis yang melaporkan secara deskriptif tentang kecerdasan yang dimiliki seseorang. Hasil MIR ini di harapkan mampu meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran setelah guru mengetahui kecenderungan kecerdasan peserta didiknya dan melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kecenderungan kecerdasan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan, yang berlokasi di SMP Plus KP 2 Paseh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket berjenis skala sikap dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat penulis adalah (1) Sekurang-kurangnya minat siswa memenuhi tiga indikator, yaitu: Kemauan, perhatian dan ketekunan. Angka dari ketiga indikator menunjukan angka antara 3-4 yang berarti minat peserta didik dalam pembelajaran PAI berada pada tingkat yang sedang. (2) Penelitian ini melewati beberapa proses. Pertama yaitu perencanaan. Kedua, pengorganisasian. Ketiga, yaitu pengaktualisasian lalu mengontrol dan melaporkan. Dalam penelitian ini juga di temukan beberapa faktor pendukung dan penghambat. (3) Sebanyak 10 dari 20 peserta didik menaruh minatnya terhadap pembelajaran PAI dengan meggunakan kecenderungan kecerdasan kinestetik hasil dari analisis MIR. Setelah mengetahui kecenderungan kecerdasan siswanya, Guru kemudian mengajar dengan metode yang sesuai dengan kecenderungan kecerdasan hasil dari analisis MIR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat; Multiple Intelligence Research; Kecerdasan Majemuk
Subjects: Use of Other Information Media
Conscious Mental Process and Intelligence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Willy Fratama Ramdhani
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:33
Last Modified: 20 Aug 2018 04:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12524

Actions (login required)

View Item View Item