Program Hidup Sehat Bersama Sahabat (HEBAT) Sebagai Media Bimbingan Kesehatan Reproduksi Remaja: Penelitian di SMPN 51 Bandung, Jalan Derwati Rancasari Kota Bandung

Rismawati, Ismi Sri (2018) Program Hidup Sehat Bersama Sahabat (HEBAT) Sebagai Media Bimbingan Kesehatan Reproduksi Remaja: Penelitian di SMPN 51 Bandung, Jalan Derwati Rancasari Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan bimbingan sebagai salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan di lingkungan sekolah yang diberikan oleh guru BK sebagai pembimbing, memiliki prinsip menekankan pada berkembangnya potensi peserta didik secara optimal. Program bimbingan idealnya menyentuh segala aspek kehidupan dan perkembangan peserta didik sebagai subjek layanan program bimbingan dan konseling. Bimbingan kesehatan reproduksi dikalangan siswa sebagai remaja merupakan hal yang penting karena masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak kepada dewasa. Oleh karena itu di SMPN 51 program hebat yang intinya memebrikan bimbingan kesehatan reproduksi terhadap remaja. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui 1) latar belakang munculnya program hidup sehat bersama sahabat di SMPN 51 Bandung 2) layanan bimbingan kesehatan reproduksi remaja melalui program Hebat terhadap siswa kelas VIII di SMPN 51 Bandung Jl. Derwati, Rancasari, Kota Bandung; 3) hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kesehatan reproduksi remaja melalui program Hebat terhadap siswa kelas VIII di SMPN 51 Bandung Jl. Derwati, Rancasari, Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data berupa observasi, analisis dan wawancara dengan guru BK dan beberapa siswa, serta memberikan gambaran sesuai fakta dilapangan menganai program bimbingan kesehatan reproduksi remaja melalui program hidup sehat bersama sahabat (Hebat) di SMPN 51 Bandung. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa latar belakang munculnya program hidup sehat bersama sahabat (Hebat) mengantisipasi terjadinya peningkatan perilaku berisiko seperti narkoba, HIV/AIDS, seks bebas, Layanan bimbingan kesehatan reproduksi remaja melalui program hidup sehat bersama sahabat (Hebat) di SMPN 51 Bandung menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok oleh guru BK selama 40 menit, materi yang di sampaikan mencakup 10 pembahasan. Hasil dari layanan bimbingan kesehatan reproduksi remaja melalui program hidup sehat bersama sahabat (Hebat) di SMPN 51 Bandung adanya peningkatan dalam pengetahuan dan pemahaman mengenai kesehatan reproduksi, menjadikan remaja mengenal hidup sehat dan pentingnya menjaga alat reproduksi dalam aspek kehidupan, mencegah dari pergaulan yang beresiko. Sehingga memfasilitasi pengembangan sikap remaja yang positif, mengarahkan pada pengembangan perilaku sehat dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Kesehatan Reproduksi Remaja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ismi S Rismawati
Date Deposited: 10 Aug 2018 09:07
Last Modified: 10 Aug 2018 09:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item