Keluarga sakinah dalam kompilasi hukum islam pasal 3 perspektif lembaga kemaslahatan keluarga nahdlatul ulama (LKKNU) Jawa Barat

Arifin, Irfan Samsul (2018) Keluarga sakinah dalam kompilasi hukum islam pasal 3 perspektif lembaga kemaslahatan keluarga nahdlatul ulama (LKKNU) Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Selama ini, konsep keluarga yang diidam-idamkan oleh setiap keluarga muslim yaitu sebuah konsep keluarga yang sering disebut dengan konsep keluarga sakinah. Dibalik populernya konsep keluarga sakinah, sebenarnya salah satu organisasi Islam yaitu Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jawa Barat juga menawarkan sebuah konsep keluarga idaman bagi seorang muslim, yaitu konsep keluarga maṣlaḥah yang mempunyai karakteristik tersendiri yang menarik dilakukan penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator tentang keluarga sakinah perspektif Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jawa Barat serta untuk mengetahui relevansi pandangan Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jawa Barat tentang konsep keluarga sakinah dengan Kompilasi Hukum Islam pasal 3. Penelitian ini dilandaskan pada kerangka teori bahwa tujuan perkawinan itu adalah untuk menciptakan ketenangan (sakinah), berdasarkan pada al-Qur’an Surat al-Ruum ayat 21 “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya” dan Kompilasi Hukum Islam Pasal 3 “untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat maupun kelompok tertentu, dimana penelitian terjun langsung pada subyek penelitiannya, dalam hal ini adalah Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama Jawa Barat guna mengetahui serta memperoleh data secara jelas. Penelitian ini juga bersifat deskriptif-analisis (descriptive-analysis). Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan normatif yaitu berdasarkan Al-Quran dan Hadis. Untuk analisis data dengan maqasidus syari’ah yakni menekankan pada maslahah mursalah. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini Indikator Keluarga Sakinah perspektif LKKNU Jawa Barat, prinsip ditanamkan dan diperkuat menjadi karakter keluarga. Yaitu keadilan (I’tidal), keseimbangan (tawazzun), toleransi (tasamuh), moderat (tawassuth), amar ma’ruf nahi munkar. Keluarga maslahah pada pokoknya merupakan penegasan ulang tentang konsep keluarga sakinah yang telah diatur oleh KHI pasal 3, akan tetapi sekaligus penegasan ulang itu langsung dibarengi dengan “penjabaran” lanjut atas ketentuan ketentuan KHI pasal 3. Dengan tujuan membawa ketentuan-ketentuan KHI pasal 3 kedalam ruang lingkup LKKNU yang bernafaskan nilai-nilai ke-NU-an. Ketentuan pokok yang bersifat umum dalam KHI pasal 3 dijabar dan dirumuskan menjadi ketentuan yang bersifat khusus sebagai tolak ukur bagi LKKNU.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Irfan Samsul Arifin
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:46
Last Modified: 14 Aug 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item