Pengaruh implementasi kebijakan Peratuan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 2 tahun 2012 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) terhadap kepatuhan wajib pajak pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majalengka tahun pajak 2017

Kosmalinda, Yuni (2018) Pengaruh implementasi kebijakan Peratuan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 2 tahun 2012 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) terhadap kepatuhan wajib pajak pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majalengka tahun pajak 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ASTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Implementasi Kebijakan Perda Kabupaten Majalengka No 2 tahun 2012 tentang PBB P2 terhadap kepatuhan wajib pajak pada BKAD Kabupaten Majalengka tahun pajak 2017 Penelitian ini menggunakan teori Implementasi Kebijakan (X) dari Edward III untuk variabel independen (X) yang berjumlah 4 dimensi yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur Birokrasi. Sedangkan untuk teori Kepatuhan wajib Pajak dalam variabel dependen (Y) peneliti menggunakan teori dari Nurmantu yang berjumlah 2 dimensi yaitu kepatuhan formal dan kepatuhan materil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi kebijakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder dari hasil studi kepustakaan dan data primer dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden dengan populasi 28.832 dan didapat sampel sebanyak 117 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa Pengaruh Implementasi Kebijakan Perda Kabupaten Majalengka No 2 tahun 2012 tentang PBB P2 terhadap kepatuhan wajib pajak pada BKAD Kabupaten Majalengka tahun pajak 2017 menunjukan skor 5523 artinya cukup baik dan berada pada garis interval dengan kategori sedang. Skor terendah dalam variabel implementasi kebijakan terdapat pada item pernyataan no 1 yaitu implementasi kebijakan Penyesuaian NJOP PBB telah sesuai perda no 2 tahun 2012 tentang PBB P-2 dan disampaikan kepada seluruh wajib pajak, dengan skor 306 dan berada pada garis interval kategori sedang yang artinya sosialisasi tentang implementasi kebijakan di Kabupaten Majalengka masih rendah. Sedangkan kepatuhan wajib pajak memperoleh skor 3619 artinya sangat baik dan berada pada garis interval dengan kategori tinggi. Skor terendah dalam variabel kepatuhan wajib pajak terdapat pada item pernyataan no 19 yaitu pembayaran pajak terutang dilakukan tepat waktu oleh wajib pajak, dengan skor 334 dan berada pada garis interval kategori sedang yang artinya kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Majalengka berada pada kategori rendah atau termasuk kepada wajib pajak tidak patuh. Hasil koefisien determinasi diperoleh angka R2 sebesar 0,944 atau (94,4%), hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel implementasi kebijakan terhadap kepatuhan wajib pajak adalah sebesar 94,4% dengan kategori hungungan sangat tinggi sedangkan sisanya 5,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Pajak Bumi dan Bangunan; Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: Public Finance > Taxes and Taxation
Public Administration > General Publications of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Yuni Kosmalinda
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:00
Last Modified: 13 Aug 2018 04:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12624

Actions (login required)

View Item View Item