Pengaruh pembayaran klaim dan jumlah beban asuransi terhadap surplus netto asuransi pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah Periode 2014-2016

Jannah, Rifalda Azharul (2018) Pengaruh pembayaran klaim dan jumlah beban asuransi terhadap surplus netto asuransi pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Surplus Netto Asuransi atau dapat disebut dengan laba bersih, faktor yang mempengaruhi kenaikannya menurut Ikatan Akuntan Indonesia adalah di pengaruhi oleh penghasilan dan beban. Oleh karena itu, pembayaran klaim dan beban penyisihan teknis mempengaruhi kenaikan surplus netto asuransi begitupun sebaliknya. Namun kenaikan pembayaran klaim dan beban penyisihan teknis di PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah tidak mempengaruhi pada kenaikan surplus netto asuransi sehingga adanya penyimpangan data yang tidak sesuai dengan teori yaitu terjadi pada triwulan II, IV tahun 2014, triwulan I, II, III, IV tahun 2015 dan triwulan IV tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembayaran klaim terhadap surplus netto asuransi secara parsial, seberapa besar pengaruh beban penyisihan teknis terhadap surplus netto asuransi secara parsial, dan seberapa besar pengaruh pembayaran klaim dan beban penyisihan teknis terhadap surplus netto asuransi secara simultan pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah Periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berupa angka yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah yang telah dipublikasi. Teknik penelitian yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi parsial dan simultan, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Pembayaran Klaim terhadap Surplus Netto Asuransi adalah 0.096 atau 9,6% dan thitung 1,031 < ttabel 2,228 yang menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak artinya Pembayaran Klaim tidak berpengaruh signifikan terhadap Surplus Netto Asuransi secara parsial. Koefisien determinasi (R square) pengaruh Beban Penyisihan Teknis terhadap Surplus Netto Asuransi adalah 0,228 atau 22,8% dan thitung 1,719 < ttabel 2,228 yang menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak artinya Beban Penyisihan Teknis tidak berpengaruh signifikan terhadap Surplus Netto Asuransi secara parsial. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Pembayaran Klaim dan Beban Penyisihan Teknis 0,336 atau 33,6% tidak berpengaruh signifikan terhadap Surplus Netto Asuransi, sedangkan sisanya 66,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 2,275 < Ftabel 4,26 dengan tingkat signifikan 0,000 hal ini menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Pembayaran Klaim dan Beban Penyisihan Teknis terhadap Surplus Netto Asuransi secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembayaran Klaim; Beban Penyisihan Teknis; Surplus Netto Asuransi:
Subjects: Econmics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rifalda Azharul Jannah
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:24
Last Modified: 08 Oct 2018 03:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item