Dampak pembangunan pariwisata terhadap peningkatan sosial-ekonomi masyarakat: Kasus Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung

Suandi, Hendi (2018) Dampak pembangunan pariwisata terhadap peningkatan sosial-ekonomi masyarakat: Kasus Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
coveer hendi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata adalah suatu proses kepergian sementara dari seseorang atau lebih menuju tempat lain diluar tempat tinggalnya. Dorongan kepergian adalah adanya kepentingan, baik karena kepentingan ekonomi, sosial, budaya, agama, politik, seperti karena hanya sekedar ingin tahu, menambah pengalaman atau karena ingin belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pemerintah Desa Alam Endah pada tahun 2014 awal mula kebun teh yang tidak terurus dan tidak bernilai ekonomis dirubah menjadi objek wisata yang bernilai ekonomis bagi Desa Alam Endah, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sosial dan ekonomi Masyarakat dari keberadaan Wisata Ciwidey Valley. Selain itu juga untuk mengetahui perkembangan masyarakat sebelum dibangunnya wisata Ciwidey Valley dan setelah dibangunnya wisata Ciwidey Valley. Teori yang dingunakan dalam analisis data penelitian ini adalah teori struktural fungsional Talcot Parson dan Teori Perubahan Sosial. Perubahan yang dikehendaki atau perubahan yang direncanakan karena menurut Selo Soemarjan dalam Soejono Soekanto, perubahan yang dikehendaki atau perubahan yang direncanakan merupakan perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak melakukan perubahan di Masyarakat. Pendekatan Penelitian ini menggunakan metode deskrptif dengan jenis data primer data yang diperoleh langsung dengan objek penelitian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data skunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data : observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil daripenelitian ini menunjukan bahwa cukup dengan adanya objek wisata berupa Ciwidey Valley ini membawa dampak positif, dengan meningkatkan perekonomian di kalangan anggota masyarakat. Dapat disimpulkan dengan adanya Ciwidey Valley ini membawa dampak secara sosial dan ekonomi bagi Masyarkat. Dilihat dari 1. Penghasilan 2. Pengentasan pengangguran 3. Berdirinya usaha mikro. Dampak yang diberikan bagi Masyarakat dalam segi sosial nya banyaknya pelanggaran norma di Masyarakat, seperti 1. Kemacetan 2. Anomie 3. Kriminalitas dan dampak perekonomian nya yaitu seperti banyak nya lapangan pekerjaan setelah adanya pembangunan pariwisata ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Hendi Suandi Suandi
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:21
Last Modified: 15 Aug 2018 06:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12792

Actions (login required)

View Item View Item